MENDAMPINGI ANAK AUTIS MENUJU MASA DEPAN YANG LEBIH CERAH

April 18, 2016

Dalam rangka memperingati Hari Autis Sedunia, Senin 18 April 2016 RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang menggelar seminar untuk awam bertema “Mendampingi Anak Autis Menuju Masa Depan yang Lebih Cerah”.  Seminar yang digelar di gedung Aula Diklat ini menghadirkan para pakar Kesehatan Jiwa Anak & Remaja seperti Prof. Dr. dr. Edith Humris, Sp.KJ(K), dr. Ni Kadek Duty A.S.P.L, Sp.KJ dan Arum Widinugraheni, M.Psi., yang setiap harinya menangani berbagai macam masalah Kesehatan Jiwa Anak & Remaja di Instalasi Kesehatan Jiwa Anak & Remaja RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Seminar ini dihadiri oleh kurang lebih 150 peserta dari berbagai kalangan seperti Kader Kesehatan Jiwa Kota Magelang, Guru PAUD, Guru Sekolah Autisme, Guru SLB, Orang tua Anak Berkebutuhan Khusus, Gerakan Organisasi Wanita, serta masyarakat umum lainya.DSC_0100

Pada seminar ini, ketiga narasumber memberikan gambaran secara jelas dengan bahasa yang dimengerti oleh masyarakat awam tentang apa itu autisme, bagaimana cara mendeteksi secara dini, bagaimana cara memperlakukan anak dengan gangguan autisme, serta terapi apa yang harus dijalani untuk meraih kesembuhannya. Seperti yang telah diketahui bahwa RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang merupakan Rumah Sakit Jiwa dengan keunggulan pada pelayanan Kesehatan Jiwa Anak & Remaja.

DSC_0109

Kata Autis sendiri berasal dari bahasa Yunani “Auto” yang berarti sendiri yang ditujukan pada seseorang yang menunjukan gejala “hidup dalam dunianya sendiri”. Karena ketidaktahuan masyarakat, kemungkinan besar banyak anak dengan gangguan spektrum autisme belum terdeteksi, sehingga tidak mendapatkan penanganan kesehatan yang sebagaimana mestinya. Dengan diselenggarakannya seminar ini, RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang berharap dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang  pentingnya penanganan Kesehatan Jiwa Anaka & Remaja khususnya anak dengan gangguan spektrum autisme.

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment