Semangat Kartini, menjadikan kaum perempuan mampu berada diposisi terdepan

April 21, 2016

Pemandangan berbeda terlihat di halaman RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang pada penyelenggaraan upacara bendera, Kamis 21 April 2016.  Tidak seperti upacara biasanya, dalam rangka memperingati hari kelahiran pejuang emansipasi Raden Ajeng Kartini ini, baik petugas maupun seluruh peserta upacara wajib mengenakan pakaian adat daerah. Selain itu, seluruh petugas upacara adalah kaum perempuan.

DSC_0160...Dalam amanatnya, inspektur upacara dr. Dyah Wahyu Priyanti, MPH (Direktur SDM dan Pendidikan), menyampaikan bahwa rangkaian peringatan hari kartini kali ini menjadi momentum yang berbeda bagi civitas hospitalia RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, dimana hari Kartini bukan hanya menjadi upacara perayaan semata, akan tetapi memberikan semangat khususnya bagi kaum perempuan untuk terus meningkatkan derajat perempuan agar bisa lebih baik dalam segi pendidikan, sehingga perempuan mampu berada pada posisi terdepan dalam kehidupan sosial, akan tetapi tidak meninggalkan kodratnya sebagai sosok ibu. Kita tidak boleh hanya diam terpaku, semangat kartini harus tetap menyala, dan kaum laki-laki bisa memberikan support bagi kaum perempuan dan menjadi penguat baginya.

Upacara yang berlangsung kurang lebih selama 45 menit ini diakhiri dengan acara penyerahan SK Kenaikan Pangkat periode Oktober 2015 dan April 2016 bagi 71 orang Pegawai Negeri Sipil di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, penyerahan cinderamata bagi pegawai yang purna tugas periode 1 April 2016, pembacaan puisi oleh Prof. Dr. dr. W. Edith Humris, Sp.KJ (K) serta pelepasan balon ke udara sebagai simbol terbebasnya belenggu bagi kaum perempuan.

Setelah pelaksanaan upacara bendera, rangkaian peringatan hari Kartini dilanjutkan dengan acara Lomba keluwesan busana adat, dimana setiap unit yang ada di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang wajib mengirimkan delegasinya untuk berpartisipasi didalamnya. Lomba yang dibuka oleh ketua KORPRI Siswanto, S.Kep., Ns., M.Kep ini diikuti oleh 55 peserta. Penilaian lomba mencakup kelengkapan busana, keluwesan dan kesesuaian busana yang dikenakan. Semangat peringatan hari Kartini tidak hanya terpancar dari pegawai RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang yang berusia muda saja, akan tetapi pegawai seniorpun ikut berpartisipasi aktif didalam lomba.

DSC_0414DSC_0272....DSC_0404
Pada akhir acara dipilih 6 juara untuk putri dan putra. Kategori putri, Juara I (Endra setyawati, A.MK), Juara II (Sukma Wahyu Rejeki), Juara III (dr. Ni Kadek Duty Ardi SPL, Sp.KJ). Kategori putra, Juara I (Arif Renaldy), Juara II (I Dewa Ketut Rimba N), dan Juara III (Imam Prima Atmaja).

DSC_0504....

 

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment