RSJS bekali para Fisioterapisnya Asesmen dan Teknik Penggunaan Modalitas Fisioterapi Terkini

May 30, 2016

Minggu, 29 Mei 2016 RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang menggelar Inhouse training untuk para fisioterapis yang ada di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Acara yang berlangsung selama satu hari penuh ini bertempat di ruang pertemuan rawat jalan dan ruang fisioterapi dengan menghadirkan pakar dibidang rehabilitasi medik Sukadarwanto, SKM., SST.Ft., M.Kes sebagai pembicara tunggal dan diikuti oleh 4 orang fisioterapis yang ada di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Inhose training ini sendiri merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan rehabilitasi medik, khususnya pelayanan di Unit Fisioterapi, adalah melalui pengembangan profesionalisme berkelanjutan (CPD) bagi tenaga fisioterapis, agar seluruh tindakan pelayanan fisioterapi yang diberikan kepada pasien sesuai batas kewenanangan, kompetensi dan kode etik yang berlaku. Dalam kesempatan tersebut Sukadarwanto, SKM., SST.Ft., M.Kes memberikan materi tentang Asesmen Fisioterapi, Modalitas Aktinoterapi, Modalitas Elektroterapi, Modalitas Mekanoterapi & Manualterapi dan Kinesiotapping. Peserta juga berkesempatan mempraktikan langsung ilmu yang mereka dapatkan dengan alat – alat yang ada di ruang fisioterapi

DSC_0030Berdasarkan data kepegawaian bahwa fisioterapis yang bekerja di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang merupakan lulusan Pendidikan Program D3 Fisioterapi tahun 1985, 1991, dan 1997. Pada sisi lain terdapat beberapa alat fisioterapi yang belum bisa dioptimalkan fungsinya karena berbagai fitur pada alat-alat tersebut belum dikuasai sepenuhnya oleh para fisioterapis. Unit Fisioterapi RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang juga merupakan lahan praktik bagi mahasiswa fisioterapi, sehingga semua fisioterapis diharapkan mampu menjadi role model yang kompeten bagi mahasiswa praktik.

DSC_0013Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan mampu menerapkan teknik asesmen dan teknik penggunaan modalitas fisioterapi secara efektif dan efisien Melakukan teknik asesmen fisioterapi, Melakukan teknik modalitas aktinoterapi, Melakukan teknik modalitas elektroterapi, Melakukan teknik modalitas mekanoterapi, manual terapi, dan kinesiotapping.

DSC_0009

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment