Pentingnya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

June 1, 2016

Inhouse training kembali diadakan oleh Instalasi Diklat RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang untuk karyawan pada Selasa – Rabu, 31 Mei – 1 Juni 2016. Kali ini pencegahan dan pengendalian infeksi yang menjadi tema acara ini. Kegiatan yang berlangsung di gedung aula diklat RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang ini diikuti oleh Seluruh anggota Tim PPI RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang yang belum memiliki sertifikat inhouse training PPI dan calon anggota Link PPI / Infection Prevention Control Link Nurse dengan narasumber Tim PPI RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Ilmu tentang Pencegahan dan pengendalian infeksi ini dipandang penting dan perlu untuk disebarluaskan pada seluruh civitas hospitalia karena dengan memahami dan menerapkan budaya pencegahan infeksi dapat meningkatkan mutu pelayanan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap pasien dan keluarga pasien, sehingga bisa menjadi agen perubahan.

DSC_0093

Dalam meningkatkan kualitas mutu pelayanan di rumah sakit perlu dilaksanakan pelatihan dasar pencegahan dan pengendalian infeksi agar terjadi persamaan persepsi dalam menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi tersebut. Kegiatan pada program ini sangat komplek dan menyangkut berbagai sasaran antara lain personil, alat/peralatan medis, ruang perawatan, kamar bedah dan lingkungan. Kegiatan tersebut harus dilaksanakan secara terpadu oleh semua pihak baik dokter, perawat, petugas kebersihan, petugas pemeliharaan sarana, dan petugas kesehatan lainnya. Diharapkan setelah mendapat paparan dari Tim PPI peserta dapat memahami konsep dasar penyakit infeksi dan penatalaksanaannya, menerapkan pelaksanaan pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit dan fasilitas pelayanan penunjang medis lainnya, mampu menganalisis dan memutus mata rantai terjadinya infeksi silang baik dari tangan petugas ke pasien, alat kesehatan ke pasien dan dari pasien ke petugas.

DSC_0148

Infeksi sendiri dapat timbul dimana saja baik di luar rumah sakit maupun didalam rumah sakit. Kejadian Health Care Assosiated Infection (HAIs) adalah infeksi yang didapat atau timbul pada waktu pasien dirawat di rumah sakit. Ini merupakan masalah serius bagi pasien yang dapat menyebabkan peningkatan lama rawat, dan bahkan bisa mengakibatkan kematian pasien. Hal ini berdampak pada biaya yang harus dikeluarkan lebih besar, baik oleh pasien maupun oleh rumah sakit.

DSC_0340

Health Care Assosiated Infection (HAIs) merupakan masalah besar yang dihadapi di seluruh dunia dan kejadian ini terus meningkat. Angka kejadian HAIs di negara-negara Eropa dan Amerika berkisar berkisar 1%, bahkan di wilayah Asia, Amerika Latin dan Afrika bisa mencapai lebih dari 40%. Sebenarnya kejadian ini bisa dicegah bila rumah sakit melaksanakan program pengendalian infeksi secara konsisten.

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment