Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSJS Gelar WORKSHOP MANAJEMEN RISIKO

August 10, 2016

MAGELANG – Seluruh pejabat struktural & kepala instalasi di lingkungan RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang antusias mengikuti workshop manajeman risiko pada Selasa (9/8) bertempat di gedung aula diklat RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang.
DSC_0503

Acara yang diselenggarakan selama dua hari, 9 – 10 Agustus 2016 tersebut menghadirkan dr. Hanevi Djasri, MARS yang merupakan konsultan manajemen risiko sebagai pembicara tunggal serta dihadiri oleh sekitar 24 pejabat struktural dan 21 kepala instalasi di lingkungan RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang.
DSC_0523
Manajemen Risiko merupakan hal yang wajib dilakukan pada setiap jenis usaha tak terkecuali pada Rumah Sakit yang mempunyai tingkat risiko tertinggi diantara jenis usaha yang lain. Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu sesuai standar yang ditentukan.
DSC_0517
Dalam pemberian pelayanan tersebut, termasuk dalam setiap keputusan yang diambil, senantiasa mengandung risiko yang tidak dapat dihindari, namun dapat diantisipasi dengan berbagai metode. Bahkan keberadaan risiko justru dapat menjadi katalisator bagi munculnya komitmen perubahan untuk mengantisipasi perkembangan pelayanan di masa depan.
DSC_0613
Sejalan dengan hal tersebut, jajaran manajerial di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang dituntut senantiasa menyadari eksistensi risiko demi terwujudnya pelayanan yang bermutu. Meskipun masih dijumpai fakta bahwa pelayanan yang diberikan masih belum sepenuhnya mengoptimalkan peluang dan meminimalkan risiko sesuai ketentuan yang berlaku. Bahkan belum seluruh unit kerja mampu melaksanakan manajemen resiko, seperti mengidentifikasi faktor risiko, membuat skala prioritas, dan mengembangkan rencana antisipasi risiko.
DSC_0633
Dengan workshop ini diharapkan seluruh kepala unit kerja di lingkungan RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang mampu memahami kegunaan dan menerapkan prinsip-prinsip peningkatan mutu dan manajemen risiko (terutama risiko non klinis) sesuai standar yang berlaku.
Pada sesi akhir penyampaian meteri dr. Hanevi mengharapkan setelah workshop ini peserta dapat segera mengaplikasikan ilmunya. “ Setelah workshop ini, saya harap bapak ibu sudah bisa menjadi konsultan manajemen risiko, minimal di unit kerjanya sendiri “ cetusnya dengan nada humor diiringi gelak tawa para peserta yang hadir.
DSC_0552
Disamping itu mereka diharapkan mampu membedakan antara risiko dan insiden, mampu melakukan identifikasi faktor risiko dan insiden, mampu menyusun skala prioritas risiko, mampu menyusun rencana antisipasi risiko (FMEA), dan mampu menyusun rencana penanganan insiden.

DSC_0521 DSC_0522

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment