RSJS Magelang Jadikan HUT ke – 93 Sebagai Momentum Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK – WBBM

September 28, 2016

MAGELANG –Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo (RSJS) Magelang selenggarakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani pada hari ini rabu (28/9) di halaman depan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang.

Acara ini merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang ke-93 dan dihadiri oleh drg Rarit Gempari, MARS yang merupakan Inspektur Investigasi Inspektorat Jenderal Kemenkes RI. Hadir pula, Sekretaris Dewan Pengawas Rumah RSJS Magelang, Pejabat Pemerintah Kota Magelang, para perwakilan rumah sakit vertikal yang ada di wilayah Jateng-DIY, para perwakilan rumah sakit di wilayah Magelang, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Dalam sambutanya drg Rarit Gempari, MARS menyampaikan bahwa bapak Inspektur Jendral kemenkes RI menitipkan salam serta ucapan selamat ulang tahun ke 93 untuk RSJS dan memberikan apresiasi yang luar biasa karena RSJS pada hari ini telah mencanangkan pembangunan Zona Integritas. “ Kami dari kementerian Kesehatan, khususnya Inspektorat Jenderal Kemenkes RI sangat mendukung dan kami siap untuk memfasilitasi, melakukan pendampingan dan pembinaan untuk menuju cita – cita kita bersama” imbuhnya.

Diawali dengan pembacaan dokumen komitmen untuk melaksanakan pembangunan kesehatan yang baik bersih dan melayani dengan semangat reformasi birokrasi oleh Direktur Utama RSJS Magelang beserta seluruh civitas hospitalia yang hadir kemudian penandatanganan pakta integritas yang dilakukan oleh beberapa perwakilan civitas hospitalia, acara dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas dengan pihak luar, Penandatanganan komitmen oleh para pejabat terkait. Setelah rangkaian penandatanganan, acara dilanjutkan dengan sambutan – sambutan dan pelepasan balon yang menandai HUT Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang ke-93 sebagai tonggak awal pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ini merupakan langkah awal dari terwujudnya Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Kegiatan Pencanangan Zona Integritas ini selanjutnya akan diikuti dengan sosialisasi Persiapan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang sebagai Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM), dan fasilitasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) oleh Inspektorat Jenderal Kemenkes RI.

Sebagai rangkaian acara HUT Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang ke-93, masyarakat dan tamu undangan dapat menikmati pagelaran wayang modern yang dimainkan oleh para karyawan dan rehabilitan RSJS, yaitu perpaduan kulit dan wayang orang yang dikemas secara komedi dengan penuh pesan moral tentang pentingnya integritas. Dalam pagelaran wayang tersebut menceritakan kisah tentang diruwatnya dewi durga untuk menghilangkan kutukannya dan kembali menjadi dewi umba yang bersih cantik dan layak menghuni kayangan. Cerita ini memberikan contoh bahwa seseorang untuk menjadi orang terhormat harus melalui proses membersihkan diri dari kebiasaan – kebiasaan buruk dan segera memperbaiki diri untuk meraih kata integritas. Sedangkan Maskot dari kegiatan ini adalah Punakawan. Salah satu tokoh dari punakawan ini adalah Semar. Semar dalam cerita pewayangan dikenal sebagai tokoh yang bersih dan mempunyai integritas yang tinggi. Diharapkan dengan mencontoh sifat semar tersebut, seluruh civitas hospitalia Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang dapat melaksanakan tugasnya dengan integritas yang tinggi.

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas yang dikemas kedalam rangkaian peringatan HUT Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang ke-93 ini dimaksudkan agar masyarakat dan semua pihak menjadi saksi, memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya dibidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. (why)

dsc_0552 dsc_0588 dsc_0604 dsc_0682 dsc_0701 dsc_0745 dsc_0872 dsc_0885 dsc_0908

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment