RSJS Magelang Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2016

October 10, 2016

Tepat pada hari ini, Senin 10 Oktober 2016, masyarakat dunia memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS). Sebagai Rumah Sakit dengan kekhususan pada pelayanan kesehatan jiwa, Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo  Magelang (RSJS Magelang) turut berpartisipasi dalam peringatan HKJS tersebut. World Health Organization (WHO) dan World Federation for Mental Health (WFMH) sebagai organisasi internasional di bidang kesehatan jiwa, mengambil Tema HKJS 2016 yaitu Martabat dalam Kesehatan Jiwa: Pertolongan Pertama Psikologis dan Kesehatan Jiwa Bagi Semua dengan sub tema Jiwa yang Sehat Berawal dari Keluarga Sehat. Pesan utama yang ingin disampaikan dalam tema tersebut yaitu bahwa setiap orang memiliki hak untuk dihargai dan mendapatkan perlakuan layak sesuai dengan harkat dan martabat sebagai manusia. Adapun bentuk nyata perwujudan terhadap hak tersebut tercermin dari sejak kecil berupa dukungan psikologis yang diberikan keluarga kepada setiap anggota keluarganya. Lebih jauh lagi, pesan ini juga berarti bahwa penghargaan terhadap hak-hak manusia juga secara perlahan harus mampu menghapus diskriminasi dan stigma terhadap anggota keluarga atau siapapun yang memiliki gangguan jiwa; sehingga mereka dapat tetap dapat dihargai selayaknya manusia bermartabat yang perlu dibantu untuk mendapatkan kembali kehidupan yang berkualitas.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh RSJS Magelang dalam rangka HKJS 2016, adalah:

  1. Mental Health Awarness yang diselenggarakan Pada tanggal 10 Oktober 2016 dengan kegiatannya antara lain Pemasangan spanduk dan umbul-umbul HKJS 2016 dsc_0681di halaman depan dan sekitar Gedung Rawat Jalan, Pemotongan tumpeng dan pembagian leaflet “Kepedulian terhadap Kesehatan Jiwa”.
  2. Workshop untuk dokter Puskesmas se-Kota dan kabupaten Magelang dengan Tema “Antipsychotic Long Acting Injection” Pada Tanggal 25 Oktober 2016.
  3. Seminar Awam tentang Kesehatan jiwa Anak dan Remaja dengan mengundang Guru SMP/SMA, pengelola kepanitian remaja (pengurus pesantren, perwakilan gereja) dan organisasi sosial Kota Magelang , pada tanggal 9 November 2016.

Selain rangkaian kegiatan yang diadakan di Lingkungan rumah sakit, RSJS Magelang juga turut serta dalam peringatan momentum HKJS 2016 oleh Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza (Dit P2MKJN), Kementerian Kesehatan RI yang pada tahun ini dipusatkan di Jakarta. Kementerian Kesehatan RI, PDSKJI, ARSAWAKOI, KPSI, dan mitra dalam puncak kegiatan HKJS 2016 menyelenggarakan acara Walk The Talk pada Minggu, 9 Oktober 2016 dengan kegiatan yang dilakukan antara lain jalan dan senam sehat, permainan untuk melatih kognitif, pojok konsultasi, dan pameran rumah sakit yang memiliki unit pelayanan kesehatan jiwa.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza di Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza (Dit P2MKJN), Kementerian Kesehatan RI dr. Fidiansyah, SpKJ, MPH dalam temu media menyambut HKJS 2016, di Jakarta (5/10), menyatakan bahwa Kesehatan jiwa merupakan bagian penting terhadap terciptanya sumber daya manusia Indonesia yang produktif dan sekaligus merupakan aset bangsa yang berharga. Untuk itu, menjaga kesehatan jiwa seluruh masyarakat Indonesia merupakan tugas semua pihak. Keluarga sebagai unit terkecil masyarakat harus mampu menjadi garda terdepan berperan dalam menjaga kesehatan jiwa anggota keluarganya dan menjadi pihak yang memberikan pertolongan pertama psikologis apabila tampak gejala-gejala yang mengarah pada masalah kesehatan jiwa. Selain itu Direktorat P2MKJN juga berupaya menjalankan program kegiatan pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan jiwa termasuk menterjemahkan makna revolusi mental bagi mewujudkan bangsa Indonesia yang memiliki karakter berkualitas.

Mari manfaatkan momentum Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2016 ini untuk melangkah bersama dalam mendorong pemberdayaan peran keluarga, sebagai strategi untuk membantu permasalahan kesehatan jiwa secara lebih efektif dan berdampak lebih nyata, akhir kata Dr.dr. Fidiansyah, SpKJ, MPH.

img_2183 img_2177 img_2162

Posted in Blog, Event by AdminRSJ

Leave a Comment