RSJS Magelang Bekali Tenaga Medis Penatalaksanaan Pasien Dengan Risiko Tinggi

December 14, 2016

MAGELANG – RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang menyelenggarakan Inhouse training penatalaksanaan pasien dengan risiko tinggi pada hari selasa (13/12) yang dimulai pada pukul 08.00 WIB bertempat di Aula Diklat RSJ Prof. dr. Soerojo Magelang. Acara ini diikuti oleh 70 orang terdiri dari perawat dan perwakilan dari Instalasi Gizi, Instalasi Kesehatan Jiwa Anak & Remaja, Instalasi Rekam Medis dan Security RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang.

Narasumber pada kegiatan ini adalah tim dari subpokja Pelayanan Pasien dan beberapa tenaga ahli yang ada di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Pada kesempatan tersebut dibahas tentang Resiko pada Pasien Psikiatri, Resiko pada Pasien Anak, Resiko pada Pasien Psikogeriatri, Resiko pada Kelompok Pasien Tertentu, Penatalaksanaan Restrain pada Pasien Psikiatri dengan Gaduh Gelisah serta Orientasi Program Peningkatan Mutu & Keselamatan Pasien, PPI dan Gratifikasi.

Inhouse training ini bertujuan untuk membekali tenaga kesehatan kemampuan memahami tehnik asesmen pasien dengan resiko tinggi, memahami tehnik edukasi pasien dengan resiko tinggi, memahami kebutuhan rasa aman bagi pasien dengan resiko tinggi, mampu memahami dan mendemonstrasikan cara-cara penatalaksanaan pada pasien yang mengalami resiko tinggi.

Pelayanan pada pasien di Rumah Sakit mencakup berbagai kelompok yang masing-masing kelompok pasien membutuhkan pelayanan yang berbeda dengan kelompok yang lain. Kelompok pasien dengan resiko tinggi membutuhkan penanganan yang khusus yang membutuhkan ketrampilan yang tersendiri.

Kelompok pasien resiko tinggi di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang mencakup pasien dengan kasus emergency, yang membutuhkan pelayanan resusitasi, pasien dengan peralatan bantuan hidup dasar atau yang koma, asuhan pada pasien dengan penyakit menular dan mereka yang daya tahannya diturunkan, pasien yang dilakukan restrain dan atau seklusi, asuhan pada pasien usia lanjut, cacat, anak-anak dan populasi yang beresiko disiksa, pelayanan anak dan remaja.

Seiring dengan perkembangan pelayanan kesehatan yang berfokus pada pasien maka rumah sakit harus dapat melayani pasien – pasien resiko tinggi dengan sebaik-baiknya agar tidak berakibat buruk pada perkembangan kehidupannya.

Dibutuhkan suatu ketrampilan khusus meliuputi : asuhan dengan memperhatikan perlindungan terhadap kelompok pasien beresiko, mampu mengidentifikasi kelompok pasien beresiko, mampu memberikan prioritas asuhan terhadap kelompok beresiko dan mampu memberikan tatalaksanaan pada kelompok pasien dengan beresiko tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya hazard pada pasien. Oleh karena itu sub pokja Pelayanan Pasien menyelenggarakan pelatihan yang direkomendasikan untuk diikuti. (why)

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi 133
Fax : 0293 365183
Email : [email protected]
Website : www.rsjsoerojo.co.id

 

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment