Aksi Rehabilitan RSJS Magelang Buka Pameran Seni di Borobudur

December 20, 2016

MAGELANG – Para rehabilitan RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang berhasil mementaskan 3 tarian tradisional dalam pembukaan Pameran Seni Rupa dan Fotografi yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengabdian kepada masyarakat Institut Seni Indonesia Yogyakarta pada Senin (19/12) di Hotel Pondok Tingal Borobudur Magelang

Ketua LPM ISI Yogyakarta Dr Nur sahid, M.Hum dalam sambutanya menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya pameran tersebut. Ia berharap pameran ini dapat meningkatkan apresiasi dan kecintaan para siswa SD-SMA/SMK, para guru, dan masyarakat umum di magelang dan sekitarnya terhadap karya seni. “Pameran ini juga diharapkan kelak dapat merangsang kreatifitas pelajar, guru dan masyarakat untuk tertarik menciptakan karya seni rupa dan fotografi” pungkasnya.

Rehabilitan yang sedang menjalani tahapan akhir dari masa pemulihannya berhasil memainkan 3 macam tarian tradisional yang terdiri dari tari kuda lumping, tari pentul tembem, dan tari grasak. Sekitar 20 rehabilitan tersebut tampak tidak canggung memainkan 3 tarian tersebut meski baru berlatih sekitar satu minggu.

Seperti yang dikatakan Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial dra. Sri Haryanti, MA setelah pementasan bahwa kesulitan dalam proses latihan sebelum pementasan adalah personil rehabilitan yang berganti – ganti tiap harinya. Itu dikarenakan rehabilitan yang telah memasuki tahap akhir dari proses perawatan sudah diperbolehkan pulang pada hari – hari menjelang pementasan. “Pementasan tarian ini merupakan salah satu dari kegiatan rehabilitasi psikososial Rehabilitasi psikososial sendiri merupakan serangkaian usaha yang terkoordinasi atas upaya medis, sosial, edukasional dan vokasional untuk melatih kembali seseorang yang memiliki hambatan agar dapat berfungsi kembali seoptimal mungkin. Bagi penderita gangguan jiwa, obat saja tidak cukup karena obat hanya menghilangkan perilaku patologis atau mengurangi gejala klinis saja, namun tidak diikuti kembalinya perilaku normatif lainnya. Oleh karena itulah perlu upaya rehabilitasi psikososial sebagai pengendali dalam rangka mengembalikan fungsi mental penderita gangguan jiwa seoptimal mungkin” imbuhnya

Dalam penanganan penderita gangguan jiwa yang ada di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, mereka dirawat melalui beberapa tahapan sebelum mereka dapat bersosialisasi kembali dengan lingkungannya. Salah satu tahapannya adalah menjalani rehabilitasi psikososial. Disana mereka diarahkan dan dibimbing sesuai dengan bakat dan peminatannya untuk mengikuti proses rehabilitasi.

Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang sebagai unit kerja yang melaksanakan pelayanan rehabilitasi psikososial mempunyai beberapa terapi diantaranya adalah terapi kerja seperti pertanian, peternakan, pertukangan, pengelasan, pembuatan souvenir, penjahitan, tata boga dan lain sebagainya. Sedangkan terapi resosialisasi seperti Art therapy, Dance therapy, Music Therapy, Sport Therapy, Recreational therapy dan lain sebagainya.

Kegiatan seperti ini merupakan kesempatan yang bagus bagi para rehabilitan untuk kembali bersosialisasi dan bermasyarakat seperti orang – orang yang lain. Jika mereka sudah siap untuk kembali bermasyarakat maka giliran kitalah untuk menerima mereka secara layak dan memperlakukan mereka dengan selayaknya. (why)

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi 133
Fax : 0293 365183
Email : [email protected]
Website : www.rsjsoerojo.co.id

dsc_0562 dsc_0602 dsc_0662 dsc_0700 dsc_0705 dsc_0716 dsc_0711 dsc_0686 dsc_0521

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment