RSJS Magelang Siapkan Pelayanan Kerohanian Untuk Pasien

March 9, 2017

MAGELANG –  RSJS Magelang sedang mempersiapkan pelayanan kerohanian kepada pasien rawat inap sebagai bentuk upaya memberikan pelayanan yang terstandar. Persiapan ini diawali dengan inhouse training pelayanan kerohanian yang dilaksanakan pada Rabu (8/3) pukul 08.00 WIB di Gedung Aula Diklat RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang.

Pelatihan ini diikuti oleh 21 orang anggota Tim Pelayanan Kerohanian dengan narasumber dari Tim Subpokja HPK dan Tim Bimbingan Rohani PPAI dan BPKK RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Pelatihan pelayanan kerohanian ini bertujuan memberikan pembekalan teknis kemampuan pemberian dan pendampingan spiritual kepada staf rumah sakit sehingga mampu melaksanakan kebijakan dan prosedur pelayanan yang ada di rumah sakit sesuai standar Akreditasi KARS 2012. Setelah pelatihan ini diharapkan peserta mampu memberikan pelayanan dan pendampingan kerohanian kepada pasien dan  keluarga. Dengan begitu pelayanan kerohanian di rumah sakit dapat terselenggara secara optimal.

Direktur Medik dan Keperawatan RSJS Magelang, dr Nur Dwi Esthi. Sp.KJ dalam sambutanya mengatakan bahwa Tim Bimbingan Rohani yang telah terbentuk ini harus segera menjalankan tugasnya setelah pelatihan ini. “ Meskipun SK Tim, pedoman, maupun alur sudah ada namun pada kesempatan inilah tim ini dapat mendiskusikan ulang, memperbaiki maupun menambah kelengkapan kerja yang harus dipenuhi sehingga sesuai dengan standar akreditasi yang telah ditetapkan” imbuhnya.

Pelatihan ini diawali dengan pemaparan Tupoksi dan Tahuja Tim Kerohanian, dilanjutkan penjelasan Kebijakan Pelayanan Kerohanian RS, Alur Pelayanan dan Pendokumentasian, Bimbingan Teknis Pemberian Pelayanan, kemudian tim dibagi sesuai agama masing – masing untuk diskusi Penjadwalan Pelayanan dan diakhiri dengan presentasi hasil diskusi. Hasil diskusi inilah yang nantinya digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pelayanan kerohanian di RSJS Magelang.

Rumah sakit mempunyai proses untuk merespon terhadap permintaan pasien dan keluarganya untuk pelayanan rohani atau sejenisnya berkenaan dengan agama dan kepercayaan pasien. Setiap pasien adalah unik, dengan kebutuhan kekuatan, nilai-nilai dan kepercayaan masing-masing. Rumah sakit membangun kepercayaan dan komunikasi terbuka dengan pasien untuk memahami dan melindungi nilai budaya, psikososial serta nilai spiritual setiap pasien.

Setiap pasien memiliki nilai-nilai dan kepercayaan masing-masing dan membawanya ke dalam proses pelayanan. Beberapa nilai-nilai dan kepercayaan yang ada pada pasien sering bersumber dari pasien sendiri. Semua pasien didorong untuk mengekspresikan kepercayaan mereka dengan menghargai setiap kepercayaan pihak lain. Oleh karena itu keteguhan memegang nilai dan kepercayaan dapat mempengaruhi bentuknya pola pelayanan dan cara pasien merespon sehingga setiap praktisi kesehatan harus berusaha memahami asuhan dan pelayanan yang diberikan dalam konteks nilai-nilai dan kepercayaan pasien.

Bila pasien atau keluarganya ingin bicara dengan seseorang berkenaan dengan kebutuhan keagamaan atau spiritualnya, rumah sakit memiliki prosedur untuk melayani permintaan tersebut. Proses tersebut dapat dilaksanakan melalui staf bidang kerohanian, dari sumber lokal atau sumber rujukan keluarga. Proses merespon dapat lebih rumit, misalnya rumah sakit atau negara tidak mengakui sumber agama atau kepercayaan tertentu yang justru diminta.

Pelatihan pelayanan kerohanian sangat dibutuhkan dalam membekali staf rumah sakit untuk bisa menjalankan tugasnya sebagai pemberi dan pendamping pasien dalam memenuhi kebutuhan spiritual religinya sesuai dengan agama dan keyakinannya.

Sebagai upaya mempersiapkan staf yang handal dalam pemberian layanan dan pendampingan kerohanian maka diperlukan pelatihan staf tentang bentuk pelayanan kerohanian di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang sesuai Akreditasi KARS 2012 yang mensyaratkan adanya staf terlatih dalam setiap pelayanan di rumah sakit. (why)

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133
Fax : 0293 365183

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment