Gerakan Cuci Tangan Massal di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang

March 17, 2017

Pasien di Ruang Rawat Inap Jiwa melakukan gerakan cuci tangan massal yang dipimpin oleh Ns. Is Susilaningsih, S.Kep., M.Kes. yang merupakan anggota dari tim PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang (RSJS Magelang). Kegiatan ini dilakukan di Instalasi Rehabilitasi Psikososial disela-sela kegiatan senam rutin pasien setiap Jumat Pagi.

Pelaksanaan gerakan cuci tangan dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia pada Pukul 08.00 WIB dalam rangka Ulang Tahun Perawat dan HUT PPNI ke- 43 dengan tema “Gerakan Perawat Mendukung Masyarakat Sehat” di bawah koordinasi dari HIPPII (Himpunan Perawat Pengendali Infeksi Indonesia (HIPPII). Di RSJS Magelang, kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari pasien, pegawai dan mahasiswa yang melaksnakan praktik di RSJS Magelang.

Setelah pelaksanaan gerakan cuci tangan tersebut, Tim PPI bergerak ke Poliklinik Rawat Jalan Terpadu dan Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakat untuk memberikan edukasi atau penyuluhan tentang pentingnya melakukan cuci tangan dalam menjaga kesehatan tubuh. Para pengunjung dan pasien Poliklinik antusias dan memperhatikan dengan seksama setiap penjelasan yang diberikan oleh Tim PPI. Brosur tentang tata cara cuci tangan pun dibagikan kepada seluruh pengunjung. Penyuluhan diakhiri dengan bersama-sama seluruh pengunjung dan pasien mempraktikkan cara cuci tangan yang benar sesuai dengan anjuran WHO dengan dipandu oleh Tim PPI.

Posted in Blog, Event by AdminRSJ

Leave a Comment