Keluarga Arjuna Ajak Masyarakat Magelang Cegah Depresi

April 25, 2017

MAGELANG – RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang baru – baru ini turut memeriahkan peringatan HUT Kota Magelang yang ke 1111 dalam kemasan kirab budaya yang diikuti sekolah dan instansi di Kota Magelang pada hari Minggu (28/4). Dalam kirab budaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Magelang ini mewajibkan kepada seluruh peserta untuk menampilkan kreasi kesenian asli yang diciptakan oleh masing – masing peserta.
Dalam kirab budaya tersebut RSJS Magelang mengusung salah satu misinya yaitu “Mengembangkan Model Pelayanan, Pendidikan dan Penelitian di Bidang Kesehatan Jiwa yang Terpadu dan Komprehensif Melalui Pendekatan Seni dan Budaya”. Tema Hari Kesehatan Sedunia “Keluarga Sehat Bebas Depresi” juga ikut dibawa dalam pesan moral yang menyertai para duta kesenian RSJS Magelang. Pesan – pesan tersebut ditampilkan dalam bentuk teater tari keluarga sehat bebas depresi.

Duta Kesenian yang ditampilkan oleh RSJS Magelang ini berbentuk sebuah keluarga sehat bebas depresi yang disimbolkan oleh keluarga Arjuna diiringi oleh Punakawan. Keluarga Arjuna sendiri terdiri dari Arjuna, Sembadra, Abimanyu dan Pergiwa. Punakawan yang terdiri dari Semar, Gareng, Petruk dan Bagong turut serta dalam terwujudnya keluarga sehat bebas depresi.

Dalam prosesi kirab, para tokoh pewayangan ini berjalan membawa pesan – pesan moral yang berisi ajakan, himbauan maupun seruan untuk mencegah depresi. Konsep yang terbilang tak lazim ini mampu menyedot perhatian masyarakat yang menonton di sepanjang jalan A. Yani hingga panggung kehormatan di Alun – Alun Kota Magelang yang dihadiri oleh Wali Kota Magelang beserta jajaranya. Dengan pesan – pesan moral yang menggelitik tak pelak banyak warga yang antusias untuk berfoto bersama dengan para tokoh pewayangan ini dengan segala atribut pesan moralnya.

Meski saat pementasan di depan Wali Kota Magelang diguyur hujan lebat, namun para duta kesenian RSJS Magelang ini tak bergeming dan tetap beraksi hingga pementasan selesai. Teater tari keluarga sehat bebas depresi ini merupakan kesenian kreasi dari RSJ Magelang yang menggambarkan kebahagiaan sebuah keluarga yang bebas dari depresi. Tokoh dalam kesenian ini diambil dari tokoh pewayangan yang dapat dijadikan simbol dan contoh keluarga bahagia. Mereka adalah Arjuna yang merupakan kepala keluarga, Sembadra  sebagai Ibu dari Abimanyu dan Pergiwa. Mereka diiringi oleh punakawan yang menggambarkan pluralitas masyarakat Indonesia pada umumnya dan Magelang pada khususnya.

Sejalan dengan tema hari kesehatan sedunia tahun 2017 ini yaitu “Keluarga Sehat Bebas Depresi”, RSJ Magelang melalui pendekatan seni dan budaya mengajak kepada seluruh masyarakat Magelang dan sekitarnya untuk lebih peduli terhadap masalah kesehatan mental, khususnya depresi. Depresi dapat terjadi pada siapapun pada semua umur . Curhat dengan keluarga atau membicarakanya dengan orang terdekat merupakan langkah awal pencegahan terhadap terjadinya depresi.

RSJS Magelang merupakan rumah sakit jiwa tipe A yang mempunyai unggulan berupa layanan kesehatan jiwa anak dan remaja. RSJS Magelang melayani anak dan remaja yang sehat maupun yang sakit. Untuk anak dan remaja sehat dilakukan deteksi dini dan stimulasi dini, sedangkan untuk anak dan remaja yang sakit, RSJS Magelang melakukan pemeriksaan lengkap serta tindakan yang menyeluruh dari berbagai profesi secara terpadu. (why)

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133
Fax : 0293 365183
Email : [email protected]
Website : www.rsjsoerojo.co.id

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment