Pekan Olah Raga Rehabilitan RSJS, Kalah Menang Ora Popo, Sing Penting Seneng

August 7, 2017

MAGELANG – Hari ini (7/8) merupakan hari pertama dari serangkaian acara Pekan Olah Raga Rehabilitan. Yaitu, untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus nanti. Kegiatan olah raga ini selalu unik, karena peserta yang diikutsertakan lomba adalah rehabilitan RSJS atau dengan kata lain pasien RSJ. Sehingga tidak terelakkan tawa geli dan kegembiraan penonton saat lomba berlangsung.

Khusus pada hari pertama olahraga yang dilombakan adalah lomba bola voli, lomba membuat kerajinan tempat tisu dan membatik. Dijadwalkan rangkaian  lomba akan berlangsung sampai tanggal 15 Agustus 2017

Lomba bola voli dilangsungkan di sebelah timur Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSJS. Lapangan voli yang sehari-harinya memang disediakan bagi pasien jiwa untuk berolahraga ini, menjadi lebih meriah kala lomba tujuh-belasan. Keterbatasan yang dimiliki pasien tidak menghalangi mereka untuk berlomba, sehingga meski dalam lomba selalu ada menang dan kalah. Panitia lomba selalu menekankan untuk selalu gembira dengan slogan “kalah menang ora penting, sing penting seneng” (kalah menang bukan yang utama, tapi yang diutamakan gembira).

Di dalam gedung Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSJ Magelang lomba yang lainnya sedang diselenggarakan. Bila lomba voli diperuntukkan bagi pasien pria, lomba di dalam gedung diperuntukkan bagi pasien wanita, yaitu lomba membuat tempat tisu dari bahan kanebo dan lomba membatik.

Meski diadakan di dalam ruangan dan diikuti oleh peserta wanita, namun lomba ini tidak kalah menggembirakannya. Seperti saat membatik, yang sewajarnya membentuk bunga-bungaan dan corak pola khas batik digubah oleh para pasien menjadi gambar pemandangan gunung kembar, lengkap dengan jalan raya nan lurus membelah cakrawala yang benar kemudian diberi judul Batik Gunung Kembar.

Sekali lagi, meskipun dalam lomba selalu ada menang dan kalah, panitia lomba tidak henti-hentinya menyampaikan tujuan lomba untuk meningkatkan kepercayadirian kontestan pasien jiwa juga untuk mempererat persaudaraan. Kalah menang ora penting, sing penting seneng.

 

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133
Fax : 0293 365183
Email : [email protected]
Website : www.rsjsoerojo.co.id

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment