RSJS Magelang Turut Sukseskan HAORNAS 2017 di Kota Magelang

September 11, 2017

MAGELANG – RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang ikut memeriahkan puncak acara Hari Olahraga Nasional Tahun 2017 yang diselenggarakan di Kota Magelang. Kementerian Pemuda dan Olahraga telah menunjuk Kota Magelang menjadi tuan rumah puncak acara peringatan HAORNAS 2017 yang dilaksanakan selama tiga hari 7-9 Sepember 2017. Pemkot Magelang menyiapkan tiga tempat penyelenggaraan, yaitu Lapangan Rindam Diponegoro, Lapangan Alon-Alon Kota Magelang dan GOR dr. H. Moch. Soebroto Magelang.

Sebagai salah satu rumah sakit yang berpartisipasi dalam festival tersebut, RSJS Magelang mengikuti aktivitas-aktivitas yang diselenggarakan selama tiga hari seperti Stand Bugar Lansia , Senam sehat Lansia dan Gowes Pesona Nusantara 2017.

Pada hari pertama kamis (7/9) RSJS Magelang membuka Stand Bugar Lansia yang melayani konsultasi masalah lansia dan tes screening kepikunan bagi lansia yang dibuka secara gratis selama dua hari. Stand Bugar Lansia RSJS Magelang dibanjiri pengunjung lansia (lanjut usia) yang antusias untuk konsultasi masalah kesehatan jiwa lansia dan tes /screening kepikunan (dementia). Peserta lansia yang mengikuti tes kepikunan diberikan pertanyaan-pertanyaan berformat questioner oleh Tim Geriatri (lansia) RSJS Magelang.

Pada hari kedua jumat (8/9) disamping masih mebuka Stand Bugar Lansia, RSJS Magelang juga menggelar senam Sehat Lansia. Pengunjung yang membanjiri Alon – alon Kota Magelang tersebut tampak antusias dengan senam sehat lansia dan layanan screening yang dilakukan oleh RSJS Magelang, dilihat dari jumlah pengunjung Stand Bugar Lansia yang terus meningkat mulai hari pertama sampai hari kedua festival. Dari hasil screening selama dua hari yang diikuti oleh delapan puluh empat orang peserta lansia di Kota Magelang, disimpulkan, rata-rata lansia mengalami penurunan tingkat kognitif (kemampuan berpikir). Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor usia, asupan gizi dan aktifitas sehari-hari. Untuk mencegah dan memperlambat kepikunan, Tim Geriatri RSJS menghimbau pada warga lansia untuk memberikan rangsangan pada otak supaya tetap aktif dengan melakukan senam otak, melakukan aktifitas sosial, memperhatikan kadar gizi pada makanan yang dikonsumsi dan berolahraga. Untuk pemeriksaan lebih jauh, RSJS Magelang memberikan pelayanan geriatri yang dilayani oleh tim ahli.

Pada hari terakhir sabtu (9/9) Civitas Hospitalia RSJS ikut serta dalam Gowes Pesona Nusantara dengan start di lapangan RINDAM Magelang dan Finish di GOR Moch Subroto. 30 Pegowes RSJS Magelang bergabung bersama sekitar 4000 peserta dari berbagai penjuru daerah. Kota Magelang merupakan etape terakhir dari Gowes Pesona Nusantara dengan menempuh jarak 5,5 kilometer hingga ke tempat Finish.
Menpora Imam Nahrowi dan Walikota Magelang Sigit Widyonindito juga ikut dalam rombongan Gowes Pesona Nusantara yang mengambil start di Secaba Magelang menuju GOR Moch Subroto. Sebelum melakukan start, Menpora terlebih dahulu mengalungkan medali kepada 15 pegowes yang tergabung dalam Tim Gowes Touring Pesona yang telah berhasil mencatatkan rekor MURI dengan bersepeda menempuh jarak 5.124 Kilometer dari Kota Sabang hingga finish di Kota Magelang
Didampingi oleh Walikota Magelang dan sejumlah stafnya di Kemenpora, Menpora kemudian mengayuh sepedanya menyusuri jalan menuju stadion ditemani ribuan pesepeda. Sesampai di stadion , Menpora langsung berkeliling menaiki sepeda untuk menyapa ribuan penonton di tribun dengan kertas berwarna merah dan putih. Lambaian tangan Menpora mendapat sambutan yang luar biasa dari penonton yang didominasi pelajar SMP dan SMA.

Sejumlah atraksi budaya ditampilkan, antara lain tarian kolosal Haornas dan lagu olahraga di panggung di tengah lapangan. Setelah itu, Menpora memberikan penghargaan kepada atlet dan mantan atlet berprestasi, media, perusahaan, dan kepala pemerintahan daerah yang dianggap berjasa bagi dunia olahraga Indonesia. Menpora kemudian menjalani prosesi penyatuan air dan tanah dari 90 kota/kabupaten program Gowes Pesona Nusantara sebelum memberikan pidato penutup acara.
Dalam Pidatonya ia menyampaikan bahwa peringatan HAORNAS tahun ini menjadi berbeda dari biasanya karena diadakan setahun sebelum diadakannya perhelatan olahraga paling bergengsi di Asia dimana Indonesia menjadi tuan rumah. “Asian Games dan Asian Paragames 2018 harus menjadi momentum kebangkitan kembali kejayaan olahraga Indonesia. Keduanya harus meninggalkan warisan berharga bagi bangsa Indonesia, yakni meninggalkan infrastruktur olahraga yang lebih baik, lebih maju dan lebih modern, dan hal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah mewariskan masyarakat Indonesia yang gemar berolahraga,” Pungkasnya. (rio-why)

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133
Fax : 0293 365183
Email : [email protected]
Website : www.rsjsoerojo.co.id

 

 

 

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment