HKJS 2017 : RSJS Magelang Edukasi Pengunjung CFD Kota Magelang

October 16, 2017

MAGELANG – RSJ Prof Dr Soerojo Magelang kembali melanjutkan kampanye kesehatan jiwa pada moment Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) tahun 2017 pada gelaran Car Free Day (CFD) di Lapangan Rindam Kota Magelang Minggu (15/10).

Setelah mengadakan skrining tinggkat stres pegawai, RSJS Magelang bersama dengan Komunitas Peduli Skisofrenia Indonesia (KPSI) Simpul Magelang dan Child and Adolescent Mental Health Community (COME HOME) mengajak masyarakat Magelang di CFD untuk peduli terhadap kesehatan jiwa.

Kegiatan yang dimotori oleh Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJS Magelang ini dimulai pukul 06.30 WIB dengan sasaran peserta senam rutin Minggu pagi dan pengunjung pasar ” Sandmor “ di lapangan Rindam Kota Magelang

Kegiatan dilaksanakan bersama – sama dengan KPSI Simpul Magelang dan Come Home dengan membuka stand untuk konsultasi kesehatan jiwa. Disana pengunjung diajak untuk melakukan deteksi dini gangguan mental emosional. Penyuluhan kesehatan jiwa juga dilakukan dengan membagi leaflet tentang kesehatan jiwa, Stamp Out Stigma, dan membagi tanda cinta.

Pada umumnya kegiatan merupakan kegiatan promosi kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kesehatan jiwa. Namun secara khusus diharapkan dapat menggerakkan dan memberdayakan peran serta masyarakat, terutama meningkatkan peran para komunitas maupun pemerhati kesehatan jiwa (surveyor) melalui deteksi dini, monitoring dan pemberian informasi kepada masayarakat tentang masalah kesehatan jiwa. Dan yang tidak kalah penting adalah masyarakat yang terlibat langsung memberi perhatian, merawat dan menjaga penderita gangguan jiwa (care giver) mampu mengenali gangguan kesehatan jiwa, mengambil keputusan untuk menangani masalah gangguan kesehatan jiwa, dan mampu merawat / menggunakan fasilitas kesehatan jiwa dengan tepat.

Dengan meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya Kesehatan jiwa, maka akan dapat membantu mendeteksi dan menangani secara dini adanya masalah gangguan kesehatan jiwa di masyarakat. Dengan demikian akan menurunkan masalah gangguan mental emosional di masyarakat, terutama pada gangguan depresi yang dapat mengakibatkan perilaku bunuh diri. Karena kita tahu “Tidak Ada Masalah Besar Kecuali Kematian”. (why)

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment