RSJS Magelang Bekali Kader Desa Siaga Sehat Jiwa

November 1, 2017

MAGELANG – RSJ Prof Dr. Soerojo Magelang melalui Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakat kembali menyapa masyarakat dengan agenda refresing kader desa siaga sehat jiwa yang bertempat di Balai Kampung Seneng Desa Banyurojo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang pada Senin (31/10).

Acara yang dihadiri oleh kader Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) Desa Banyurojo, kepala Desa Banyurojo serta Babinmas dan Babinsa ini diawali dengan pemutaran video profil RSJS Magelang sebelum sambutan – sambutan dan laporan ketua kader DSSJ. Dalam laporannya ketua DSSJ mengatakan bahwa jumlah warga yang mengalami gangguan jiwa sekarang meningkat. “Dari hasil deteksi dini yang belum lama ini kami lakukan menunjukan ada peningkatan jumlah penderita gangguan jiwa dari yang semula terdapat 62 orang kini menjadi 67 orang”, imbuhnya.

Dalam pembinaan atau refreshing kader DSSJ tersebut RSJS Magelang mengirimkan 2 orang perawat jiwa untuk kembali menyampaikan paparan tentang tugas – tugas kader, dan bimbingan praktek langsung deteksi dini dan homevisit pada keluarga yang memiliki anggota yang mengalami gangguan jiwa. Hal ini dimaksudkan agar kader DSSJ dapat menjawab pertanyaan dari warga tentang penanganan pasien gangguan jiwa di RSJS Magelang.

Setelah mendapatkan paparan materi acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab tentang permasalahan / kesulitan yang di hadapi kader DSSJ yang dipandu oleh petugas dari Puskesmas Mertoyudan. Dalam diskusi tersebut pada umumnya kader DSSJ mengeluhkan kesulitan yang dirasakan selama bertugas. Kesulitan yang paling dirasakan oleh kader DSSJ diantaranya adalah kurangnya partisipasi keluarga yang mempunyai anggota dengan gangguan jiwa, bahkan masih ada keluarga yang memperlakukan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dengan menguncinya dikamar. Selain itu, keluarga dari penderita gangguan jiwa juga terkendala biaya untuk berobat ke Fasilitas Kesehatan.

Dari antusiasme diskusi pada hari itu disepakati bersama oleh Kader DSSJ, Puskesmas Mertoyudan, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia untuk berkolaborasi menangani masalah kehehatan jiwa di masyarakat bersama dengan Community Mental Health Nursing (CMHN) RSJS Magelang. (why)

 

Subbag Hukum, Organisasi & Humas

RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang

Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133

Fax : 0293 365183

Email : [email protected]

Website : www.rsjsoerojo.co.id

 

 

 

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment