“Menciptakan Lingkungan Sehat Jiwa di Tempat Kerja”

November 9, 2017

MAGELANG – RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang melanjutkan agenda peringatan HUT RSJS ke 94, HKJS dan HKN tahun 2017 dengan menyelenggarakan Seminar “Menciptakan Lingkungan Sehat Jiwa di Tempat Kerja” bertempat di Gedung Aula Diklat RSJS Magelang pada Kamis (9/11) dengan menghadirkan 2 narasumber yaitu dr. Nuryono Cahyo Adji, M.Kes dari Balai Hiperkes dan Keselamatan Kerja Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan dr. Ratna Dewi Pangestuti, Sp.KJ seorang Psikiater RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang.
.
Acara yang dibuka oleh Direktur Utama RSJS Magelang dr. Endang Widyaswati, M.Kes ini dihadiri oleh Perwakilan institusi pemerintah di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang dan perwakilan unit kerja di RSJS Magelang dengan total peserta sekitar 120 orang. Dalam sambutanya dr Endang mengatakan bahwa sebagian besar penduduk dunia ada pada usia produktif yg semuanya memerlukan lingkungan kondusif yang akan berpangaruh pada kualitas kinarja. “ Banyak hal yang mempengaruhi suasana kesehatan jiwa kita baik dilingkungan kerja maupun diluar lingkungan kerja, tidak hanya pada usia produktif namun juga pada usia anak, remaja dan lansia, untuk itu pengetahuan tentang kesehatan jiwa peru kita promosikan baik dalam bentuk promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif”, pungkasnya.

Seminar ini merupakan rangkaian agenda peringatan HUT RSJS ke 94, HKJS dan HKN tahun 2017. Tema yang diambil pada seminar kali ini memang disesuaikan dengan tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tahun ini. Tahun ini tema peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang ditetapkan oleh Federasi Dunia untuk Kesehatan Jiwa (WFMH) adalah Mental Health in The Workplace (Kesehatan Jiwa di Tempat Kerja) dengan subtema “Kesehatan Jiwa yang Prima Mewujudkan Produktivitas Kerja dan Kesejahteraaan Keluarga”.

Setelah mengikuti seminar ini, diharapkan peserta paham tentang bagaimana lingkungan sehat jiwa di tempat kerja, bagaimana menciptakan lingkungan sehat jiwa di tempat kerja dan dapat mengenali jenis-jenis penyakit jiwa akibat kerja serta bagaimana cara pencegahan dan penanggulangan penyakit jiwa akibat kerja.

Disamping itu RSJS Magelang sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan jiwa milik Kementerian Kesehatan RI dengan jumlah pegawai diatas 900 orang, perlu melakukan prakarsa dalam memberikan perhatian dan penanganan kesehatan dan keselamatan kerja, sehingga tercipta lingkungan kerja yang mendukung kesehatan jiwa bagi para pegawainya salah satunya adalah dengan seminar ini. Harapannya akan menjadi contoh untuk instansi-instansi lainnya di Kota dan Kabupaten Magelang.

Setiap tanggal 10 Oktober, dunia memperingati Hari Kesehatan Jiwa, dengan tujuan untuk menghormati hak-hak orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), memperluas program pencegahan masalah kesehatan jiwa antara penduduk rentan, memperluas pelayanan yang memadai, mendekatkan akses bagi mereka yang membutuhkan, dan meningkatkan upaya kesehatan jiwa secara optimal. Peringatan HKJS juga merupakan memontum untuk mengkampanyekan upaya pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan jiwa secara masif.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) bulan Februari 2015, jumlah penduduk di Indonesia yang bekerja mencapai 120,8 juta, merupakan jumlah besar yang perlu mendapat perhatian dan penanganan kesehatan dan keselamatan kerja yang baik agar terhindar dari gangguan penyakit akibat kerja, penyakit tidak menular dan kecelakaan kerja yang berpotensi menurunkan tingkat produktivitas. (why)

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi 133
Fax : 0293 365183
Email : [email protected]
Website : www.rsjsoerojo.co.id

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment