Berikan Edukasi Masyarakat, RSJS Magelang Silaturahmi ke Pondok Pesantren Nurul Haromain Kulonproggo, Yogyakarta

January 26, 2018

Kulonprogo, Rombongan Tim dari Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang (RSJS Magelang) pada Kamis (25/01) yang dipimpin oleh Kepala Bidang Keperawatan S. Nur Eddy Purnomo, S.Kep., S.Pd., MMR. melakukan kunjungan kerja ke Pondok Pesantren Nurul Haromain, Kulonprogrogo. Kunjungan kerja ini merupakan bentuk silaturahmi Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang kepada mitra kerja rumah sakit yang memiliki program juga program Rehabilitasi bagi pengguna narkoba dan orang dengan gangguan jiwa.

 

 

Sambutan hangat langsung diberikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren KH. Sirodjan Muniro Abdurrohman beserta para santri.
Sebagai rumah sakit tersier yang memberikan pelayanan kesehatan jiwa, RSJS Magelang membawa misi untuk terus memberikan upaya pelayanan kesehatan jiwa secara menyeluruh dari mulai promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Dalam kesempatan ini , RSJS Magelang mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh Pondok Pesantren dalam menjalankan program Rehabilitasi bagi pengguna narkoba dan orang dengan gangguan jiwa untuk kemudian memberikan edukasi kepada semua pengurus tips dan trik dalam pelayanan kesehatan jiwa.

 

 

Dalam upaya pelayanan kesehatan rehabilitatif, Rumah Sakit akan membantu Pondok Pesantren untuk menyiapkan para rehabilitan kembali ke masyarakat dalam program One Day Care. Para rehabilitan nantinya akan diberikan pelatihan sejumlah pelatihan sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing, dari mulai pertanian, perikanan, pertukangan, penjahitan, tata boga, dan lain-lain. Pelatihan ini diagendakan dilakukan selama 8 kali dengan jadwal 2 kali setiap minggu. “Dengan tahapan ini, para rehabilitan diharapkan dapat menguasai 1 bidang keterampilan yang dapat diterapkan ketika terjun dalam masyarakat” ungkap Rohyati, S.Kep., Ns. Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSJS Magelang.

 

Diakhir pertemuan semua pihak sepakat untuk dilakukannya deteksi dini kesehatan baik jiwa dan non jiwa kepada seluruh santri di Pondok Pesantren oleh RSJS Magelang dengan jadwal yang akan dikomunikasikan kemudian.

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by AdminRSJ

Leave a Comment