RSJS Magelang Bekali Kemampuan CMHN dan PKRS pada Perawat Madya

February 21, 2018

MAGELANG – Sejumlah 52 orang Perawat Madya RSJ Prof. Dr Soerojo Magelang mengikuti pembekalan yang dilaksanakan di Gedung Aula Diklat RSJS Magelang pada Selasa (20/2). Ke 52 orang yang mempunyai jabatan fungsional perawat tersebut mendapatkan pembekalan tentang Community Mental Health Nursing (CMHN) dan Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS).

Pembekalan ini ditujukan agar perawat madya dapat melaksanakan kegiatan CMHN dan PKRS dengan baik dan berperan dalam mensukseskan program pelayanan kesehatan jiwa pada masyarakat. Pembekalan ini diselenggarakan selama satu hari dengan nara sumber Direktur Medik & Keperawatan, Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Tim CMHN RSJS Magelang.

Dalam sambutannya Direktur Medik & Keperawatan, dr Nur Dwi Esthi, Sp.KJ mengatakan bahwa untuk mengoptimalkan upaya promotif dan preventif RSJS Magelang, maka kegiaran CMHN maupun PKRS harus dilakukan. “Perawat madya ini merupakan perawat senior di rumah sakit ini, jangan sampai kalau sudah senior merasa tidak perlu lagi melakukan kegiatan CMHN & PKRS karena kegiatan tersebut sudah dikontrakkan dalam Sasaran Kinerja Pegawai ( SKP)”, pungkasnya.

Jabatan fungsional perawat adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan kegiatan pelayanan keperawatan pada fasilitas pelayanan kesehatan atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya yang diduduki oleh pegawai negeri sipil. Perawat adalah pegawai negeri sipil yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pelayanan keperawatan pada fasilitas pelayanan kesehatan atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. (Permenpan dan RB nomor 25 tahun 2014).

Salah satu jabatan fungsional perawat adalah perawat Madya, dimana tugas fungsi perawat madya terutama di RS Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang antara lain melakukan pendidikan kesehatan kepada masyarakat dan melaksanakan tugas lapangan dalam bidang kesehatan, belum dapat dilaksanakan secara optimal.

Oleh karena itu RSJS Magelang memberikan tanggung jawab Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dan Community Mental Health Nursing (CMHN) yang dikelola oleh Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakat menjadi tupoksi perawat madya, dimana kegiatan tersebut sudah dimasukan dalam kontrak SKP tahun 2018. (why)

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi 133
Fax : 0293 365183
Email : [email protected]
Website : www.rsjsoerojo.co.id

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment