44 Pejabat Fungsional Kesehatan RSJS Magelang Jalani Uji Kompetensi

May 31, 2018

MAGELANG-Sebanyak 44 orang pejabat fungsional kesehatan di lingkungan RSJ Prof Dr. Soerojo Magelang menjalani uji kompetensi di Gedung Aula Diklat RSJS Magelang pada Rabu-Kamis (30-31/5).

Peserta uji kompetensi ini berasal dari beberapa profesi antara lain perawat 43 orang dan perekam medis 1 orang. 44 tenaga fungsional kesehatan tersebut di uji oleh tim penguji sejumlah 18 orang dari profesi yang berkaitan. Ketua PPNI Kota Magelang, Ketua PARI Kota Magelang serta Ketua PORMIKI Kabupaten dan Kota Magelang juga turut hadir dalam uji kompetensi ini.

Uji kompetensi ini merupakan tahap kedua di tahun 2018, setelah uji kompetensi tahap pertama dilaksanakan pada awal tahun 2018. Dengan uji kompetensi ini pejabat fungsional diharapkan mampu memiliki penguasaan pengetahuan sesuai standar kompetensi pada bidang tertentu. Selain itu uji kompetensi ini juga memberikan pengakuan terhadap kompetensi jabatan fungsional kesehatan dan menjadi bahan pertimbangan untuk kenaikan jenjang jabatan jabatan fungsional kesehatan

Pada pembukaan pelaksanaan uji kompetensi, Ka. Bag SDM RSJS Magelang dr. Azizah Nuruliati mengatakan bahwa uji kompetensi ini bukan barang baru karena uji kompetensi ini merupakan lanjutan dari uji kompetensi tahap pertama yang dilkaukan bulan maret lalu. “Ada wacana baru yang sedang bergulir bahwa dimasa depan tidak ada lagi kenaikan pangkat, yang ada adalah kenaikan jenjang jabatan”, tegasnya. Ia juga mencontohkan bahwa kursi pada sebuah jenjang jabatan tersebut nantinya akan dibatasi jumlahnya dan untuk menduduki jabatan tersebut seseorang harus mengikuti proses lelang jabatan dan uji kompetensi merupakan tahap awalnya.

Sebagai rumah sakit vertikal milik Kementerian Kesehatan, RSJS Magelang dituntut untuk selalu menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten agar mampu melaksanakan tugas secara optimal untuk mencapai tujuan organisasi. Salah satu bentuk persiapan sumber daya manusia / pegawai baru di RSJS Magelang adalah dengan dilakukan uji kompetensi bagi pejabat Fungsional Kesehatan. Hal ini mengacu pada Permenkes No. 18 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan.

Pelaksanaan program uji kompetensi ini juga dalam mempersiapkan tuntutan perkembangan jenis pekerjaan atau bidang garapan profesi fungsional di masa mendatang akan menuntut ketajaman pemikiran yang terspesialisasikan menurut bidang kompetensi masing-masing secara profesional. Selain itu hasil dari program ini menjadi dasar untuk kenaikan pangkat tenaga kesehatan jabatan fungsional RSJS Magelang bulan oktober tahun 2018. (why)

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi 133
Fax : 0293 365183
Email : [email protected]
Website : www.rsjsoerojo.co.id

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by AdminRSJ

Leave a Comment