Tingkatkan Kompetensi Asesor Keperawatan, RSJS Adakan Workshop

July 6, 2018

MAGELANG – Sebanyak 19 asesor keperawatan RSJ Prof. Dr Soerojo Magelang tengah mengikuti peningkatan kompetensi di Gedung Aula Diklat RSJS Magelang pada Kamis (5/7) dengan menghadirkan Ns. M. Fatkhul Mubin, M. Kep., Sp. Kep. J sebagai pemateri.

Workshop ini merupakan proses Continuing Professional Developments (CPD) yang bertujuan meningkatkan kemampuan teknis asesor dalam melaksanakan asesmen kompetensi keperawatan juga meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis Asesor tentang terapi keperawatan agar dapat transfer knowledge kepada SDM keperawatan lainnya serta memiliki sertifikasi kompetensi teknis keperawatan bagi asesor.

Dalam workshop yang dilaksanakan satu hari ini terdapat 8 materi yang disampaikan pembicara antara lain Social Skill Training, Family Psichoeducation, Supportive Theraphy, De-ekskalasi Verbal, Afirmasi Positif, Play Theraphy, Rational Emotive Behaviour Theraphy, dan Cognitive Behaviour Theraphy.

Peningkatan kompetensi pada Asesor menjadi hal penting karena Asesor akan memiliki peran strategis saat melakukan evaluasi kompetensi pada semua sumber daya manusia keperawatan yang lain. Kemampuan Asesor diharapkan memiliki sertifikasi kompetensi disamping sertifikasi Assoer yang dikeluarkan oleh Himpunan Perawat Manajer Indonesia (HPMI).

Ada dua kegiatan utama dalam proses pengelolaan kompetensi sumber daya manusia (SDM) Keperawatan di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang yang akan melibatkan Asesor, yaitu Asesmen kompetensi dan Mitra bestari. Dalam kegiatan asesmen kompetensi keperawatan, asesor berperan sebagai fasilitator dan melakukan penilaian atas pencapaian kompetensi SDM Keperawatan. Asesor membuat laporan sebagai bahan untuk mengeluarkan sertifikasi kompetensi, sedangkan dalam proses mitra bestari asesor diharapkan memiliki bekal konseptual yang cukup untuk mempertimbangkan kompetensi yang dimiliki oleh individu dapat dilakukan dan mendapatkan rekomendasi menjadi kewenangan klinik.

Tantangan institusi pelayanan kesehatan saat ini adalah meningkatnya tuntutan dan harapan terhadap pelayanan yang aman dan bermutu. Salah satu pilar utama dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu adalah sumber daya manusia yang kompeten. Mengukur dan memastikan kompetensi individu-individu yang bekerja di seluruh area rumah sakit merupakan hal yang penting dalam menggambarkan kemampuan organisasi untuk memenuhi kebutuhan keselamatan pasien serta mutu pelayanan secara umum.

Pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang saat ini sedang membangun sistem keseminatan, hal ini bertujuan agar pelayanan yang diberikan oleh profesional keperawatan lebih fokus dan kualitasnya menjadi lebih baik. Pengalaman memberikan pelayanan berdasarkan area keseminatan akan lebih fokus karena memiliki tingkat paparan pada tindakan yang sama menjadi lebih banyak, hal ini diharapkan menjadi lebih intens, teliti dan memiliki respon berpikir kritis untuk mengenali respon kebutuhan klien. Harapannya dengan sistem keseminatan maka semua proses yang dibutuhkan oleh klien dapat diidentifikasi dan diolah serta dikemas dalam bentuk pemberian terapi yang akan diberikan kepada klien berdasarkan kebutuhannya.

Membangun sistem keseminatan juga membangun kualitas intervensi terapi keperawatan kepada klien sesuai respon yang disampaikan klien kepada perawat. Fokus pelayanan keperawatan yang diberikan akan meningkatkan tingkat berpikir secara kritis dan sensitivitas profesional keperawatan dalam rangka memenuhi kebutuhan klien akan terapi keperawatan maupun kebutuhan dasar manusia. Diharapkan bahwa tindakan yang diberikan oleh profesional keperawatan merupakan tindakan yang dibutuhkan oleh klien, sehingga pengembangan pelayanan keperawatan berbasis keseminatan akan sangat bermanfaat bagi klien.

Oleh karenanya penting bagi rumah sakit memiliki staf yang memiliki kemampuan melakukan asesmen kompetensi yang lengkap yang menggunakan performance appraisal seperti review kredensial dan privilege untuk mengevaluasi dan memverifikasi kemampuan seseorang dalam memenuhi kinerja yang diharapkan.

Sesuai dengan maksud dan tujuan dalam Kompetensi dan Kewenangan Staf (KKS) 13 buku Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1 disampaikan bahwa rumah sakit perlu memastikan untuk mempunyai staf keperawatan yang kompeten sesuai dengan misi, sumber daya, dan kebutuhan pasien. Staf keperawatan bertanggungjawab untuk memberikan asuhan keperawatan pasien secara langsung. Sebagai tambahan, asuhan keperawatan memberikan kontribusi terhadap outcome pasien secara keseluruhan.

Dari kutipan tersebut bahwa rumah sakit perlu memastikan bahwa kualitas sumber daya manusia keperawatan merupakan tenaga yang kompeten. Hal ini dilakukan melalui proses asesmen dan kredensial. Proses asesmen merupakan fungsi organik dari bidang keperawatan sedangkan kredensial merupakan fungsi organik komite keperawatan, namun dalam prosesnya kedua unit kerja tersebut menggunakan asesor kompetensi keperawatan dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga Asesor diharapkan memiliki tingkat kemampuan penilaian yang lebih baik, dari segi konseptual dan kompetensi teknikal para Asesi.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Asesor perlu ditingkatkan kompetensinya melalui proses Continuing Professional Developments (CPD) dengan mengadakan workshop terapi esensial keperawatan. Kegiatan akan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis dan konseptual SDM Keperawatan khususnya Asesor saat menjalankan fungsi sebagai mitra bestari saat pelaksanaan kredensial/re-kredensial maupun asesmen kompetensi.

Asesor juga diharapkan menjadi agen yang memberikan transfer knowledge pada saat pelaksanaan CPD setelah muncul gap kompetensi. Sehingga kegiatan ini memiliki daya ungkit untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan melalui peningkatan kompetensi SDM Keperawatan secara umum. Selain itu kegiatan ini juga sebagai langkah awal sertifikasi kompetensi internal SDM keperawatan di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang. (why)

SubbagHukum, Organisasi&Humas

RSJ Prof. Dr. SoerojoMagelang

Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133

Fax : 0293 365183

Email :[email protected]

Website :www.rsjsoerojo.co.id

 

 

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by AdminRSJ

Leave a Comment