RSJS Magelang Dukung Lansia Yang Sehat, Bahagia, dan Produktif

July 31, 2018

MAGELANG-Antusiasme Paguyuban Senam Geriatri dalam senam sehat yang rutin dilaksanakan tiap hari Selasa dan Sabtu di halaman Gedung Admnistrasi RSJ Prof. Dr Soerojo Magelang.

RSJS Magelang melalui Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakat bekerja sama dengan Tim Geriatri serta Federasi Olah Raga Rekreasi Indonesia ( FORMI ) Kota Magelang melalukan pembinaan dan pendampingan terhadap paguyuban senam geriatri secara rutin berupa senam sehat ( senam diabetes militus, senam asma, senam tera, senam jantung, senam lansia ), penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan tanda – tanda vital, cek gula darah serta screening depresi , dimensia pada lansia pada Selasa (31/7).

Kegiatan yang telah diawali pada hari ini Selasa (31/7) akan dilaksanakan secara rutin setiap hari Selasa dan Sabtu mulai pukul 07.00 WIB – 08.30 WIB di halaman Gedung Administrasi RSJS Magelang. Ini merupakan wujud kegiatan pelayanan kesehatan warga lanjut usia di masyarakat berbasis rumah sakit ( hospital based community geriatric service ) yang dilakukan oleh RSJS Magelang.

Upaya peningkatan kesejahteraan pada lanjut usia diarahkan untuk memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif agar terwujud kemandirian dan kesejahteraan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan pelayanan kesehatan geriatri di rumah sakit. Rumah sakit jiwa prof. dr. Soerojo Magelang berkomitmen menjadi rumah sakit yang ramah dengan lansia. Komitmen tersebut dibuktikan dengan dibukanya pelayanan geriatri terpadu. Pelayanan ini memberikan edukasi, konsultasi, pengobatan, dan rehabilitasi kepada pasien geriatri yang dilakukan secara terpadu oleh tim terpadu geriatri secara interdisiplin.

Umur harapan hidup ( UHH ) yang terus meningkat setiap tahun membuat jumlah penduduk lansia terus bertambah. Sensus penduduk 2010, Indonesia masuk dalam 5 besar negara dengan jumlah lansia terbanyak di dunia. Semakin bertambah usia, semakin besar pula kemungkinan seseorang mengalami permasalahan fisik, jiwa, sosial dan spiritual. Salah satu permasalahan yang sangat mendasar pada lanjut usia adalah masalah kesehatan akibat proses degeneratif. Data riset kesehatan dasar ( riskesdas ) 2013, penyakit terbanyak pada lansia adalah penyakit tidak menular antara lain hipertensi, osteo artritis, masalah gigi dan mulut, penyakit paru obstruktif kronis ( PPOK ) dan diabetes militus.

Mari kita wujudkan lansia yang sehat, bahagia, dan produktif !!!!!

Subbag Hukum, Organisasi & Humas

RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang

Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133

Fax : 0293 365183

Email : [email protected]

Website : www.rsjsoerojo.co.id

Posted in Blog, Event, image posts by Administrator RSJS

Leave a Comment