RSJS Magelang Dampingi Deklarasi Desa Siaga Sehat Jiwa di Temanggung

August 1, 2018

TEMANGGUNG- RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang menjadi saksi atas Deklarasi Penggalangan Komitmen untuk membentuk Desa Siaga Sehat Jiwa di Desa Tegalurung Kec. Bulu Kabupaten Temanggung pada Selasa (31/7).

Deklarasi Penggalangan Komitmen untuk membentuk Desa Siaga Sehat Jiwa ini merupakan hasil dari Desinfo Kesehatan jiwa masyarakat tentang Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Temanggung. Hadir pula Dinas Kesehatan Prov Jawa Tengah, Puskesmas Bulu, Muspika setempat serta Akper Ngesti Waluyo Parakan dan Akper Alkausar Temanggung yang juga turut mendukung deklarasi tersebut.

RSJS Magelang sebagai Rumah Sakit Jiwa Rujukan Nasional berkewajiban untuk memberikan pendampingan atas promosi kesehatan Jiwa masyarakat di wilayah binaan RSJS Magelang dan salah satunya adalah Kabupaten Temanggung.

Desa siaga sehat jiwa merupakan program yang mengajak masyarakat untuk ikut berperan serta dalam mendeteksi gangguan jiwa serta siaga terhadap munculnya masalah kesehatan jiwa di masyarakat. Desa siaga sehat jiwa merupakan gambaran masyarakat yang sadar, mau dan mampu, mencegah dan mengatasiberbagai ancaman terhadap masalah gangguan kejiwaan dimasyarakat, dengan memanfaatkan potensi setempat secara gotong royong. Beberapa tahapan yang akan dilaksanakan di desa siaga sehat jiwa diantaranya meliputi persiapan , sosialisasi, pelatihan kader, pendampingan , monitoring, dan pelaporan. Dengan dibentuknya desa siaga sehat jiwa diharapkan dapat mengurangi dampak dan kerugian akibat dari adanya penderita gangguan jiwa yang tidak tertangani di masyarakat.

Sosialisasi desa siaga sehat jiwa diperlukan untuk mengenalkan program ini dan diharapkan ada peran serta masyarakat dalam pengendalian kesehatan jiwa, antara lain dengan menghilangkan stigma “gila” yang terus melekat pada orang dengan gangguan jiwa yang haltersebut membuat keluarga malu dan menutupi penyakit ini. Tujuan dari pembentukandesa siaga sehat jiwa adalah terwujudnya desa dengan masyarakat yang sehat, peduli, dan tanggap, terhadap masalah-masalah kesehatan jiwa didesanya.

Masalah kesehatan jiwa mempunyai fenomena gunung es, melihat perkembangna jaman saat ini , kemungkinan jumlah penderita gangguan jiwa akan meningkat dan jenisnya semakin beragam.Kesehatan jiwa bukan hanya sekedar terbebas dari gangguan jiwa, akan tetapi merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh semua orang. Kesehatan jiwa adalah perasaan sehat dan bahagia serta mampu mengatasi masalah kehidupan, dapat menerima orang lain sebagaimana adanya, serta mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain.

Kader kesehatan jiwa sangat penting dalam masyarakat karena kader dapat membantu masyarakat mencapai kesehatan jiwa yang optimal melalui penggerakan masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan jiwa serta memantau kondisi kesehatan jiwa masyarakat di wilayahnya. Kader kesehatan jiwa berperan serta dalam meningkatkan , memelihara, dan mempertahankan kesehatan jiwa di masyarakat. Bantuan kader kesehatan jiwa diperlukan untuk mendata keluarga yang sehat jiwa, berisikomengalami masalah psikososial, dan gangguan jiwa sehingga seluruh masalah kesehatan jiwa dapat dideteksi dan selanjutnya untuk diatasi. Strategi yang digunakan adalah Desa Siaga Sehat Jiwa dengan memberdayakan kader kesehatan jiwa.

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi 133
Fax : 0293 365183
Email : [email protected]
Website : www.rsjsoerojo.co.id

 

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment