“Cegah Depresi pada Lansia” Pada Kegiatan Senam Geriatri Di RSJS

August 7, 2018

Kegiatan Senam Sehat Lansia yang dilakukan pada hari selasa, 7 Agustus 2018 di halaman Gedung Administrasi RSJS  mengambil tema mencegah Depresi Pada Lansia.

Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 07.00 – 08.30 WIB. Kegiatan diawalai dengan pemeriksaan tekanan darah oleh Tim Geriatri dan dilanjutkan dengan penyuluhan yang disampaikan oleh Ibu Rida Umami, S.Kep selaku kepala Instalasi Keswamas. Pada kegiatan senam lansia sebelumnya (Selasa, 31/08/2018),  peserta telah mengisi kuesioner screening depresi. Hasil dari screening depresi tersebut disampaikan pada saat penyuluhan. Dari 33 orang yang mengisi kuesioner, ternyata ada 5 orang yang sudah terdeteksi depresi ringan sampai sedang dan ada 1 orang yang terdeteksi depresi berat.

Bu Rida Umami, menyampaikan bahwa orang yang sudah terdeteksi depresi ringan harus sudah mendapatkan penanganan agar tidak berlanjut menjadi depresi berat. Peserta yang sudah merasa mengalami depresi berat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk penanganan depresinya. Depresi yang dibiarkan berlarut-larut dan tidak segera ditangani dapat mengganggu kehidupan dan memunculkan gangguan kejiwaan.

Himbauan dari penyuluhan tersebut disampaikan bahwa lansia yang selalu bergerak aktif, penuh semangat, dan berpola hidup sehat menghindarkan diri dari depresi.

Setelah penyuluhan selesai dilanjutkan dengan kegiatan senam lansia yang dipimpin oleh pandu kelompok senam geriatri. Kegiatan diakhiri dengan pembagian form asesemen khusus psikogeriatri untuk diisi oleh peserta. Peserta dapat membawa pulang form tersebut dan diserahkan selasa depan pada kegiatan senam berlangsung. Form asesemen psikogeriatri digunakan untuk menilai tingkat kesehatan lansia.

Selain itu peserta yang belum mengisi kuesioner depresi dapat mengisi kuesioner yang dibantu oleh Tim Keswamas dan Tim Geriatri dan hasilnya akan disampaikan pada kegiatan senam berikutnya.

Deteksi dini masalah kesehatan lansia dilakukan untuk mendeteksi adanya masalah kesehatan pada lansia, semakin dini ditemukan masalah semakin cepat pula penanganannya.

Lansia yang sehat, hidup produktif, bahagia, dan jauh dari depresi!!!

 

 

 

 

 

 

 

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment