Tim PKRS RSJS Magelang Sampaikan “Tips Sehat Jiwa” kepada Pengunjung Poliklinik

August 9, 2018

MAGELANG – RSJ Prof. Dr Soerojo Magelang melalui Tim PKRS membagi tips sehat jiwa kepada para pengunjung poliklinik yang sangat antusias mengikutinya pada Rabu pagi (8/8). Pendidikan Kesehatan ini merupakan kegiatan penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan secara rutin tiap hari Rabu di poliklinik RSJS Magelang.

Dalam penyuluhan tersebut disampaikan bahwa kehidupan manusia dewasa ini semakin sulit dan komplek. Kondisi tersebut diperparah dengan bertambahnya stressor psikososial akibat budaya masyarakat modern yang cenderung sekuler. Hal tersebut menyebabkan manusia tidak dapat menghindari tekanan-tekanan hidup yang dialami. Kondisi kritis ini membawa dampak terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas penyakit mental-emosional manusia.

Kesehatan mental merupakan sebuah kondisi dimana individu terbebas dari segala bentuk gejala-gejala gangguan mental. Individu yang sehat secara mental dapat berfungsi secara normal dalam menjalankan hidupnya khususnya saat menyesuaikan diri untuk menghadapi masalah-masalah yang akan ditemui sepanjang hidup seseorang dengan menggunakan kemampuan pengolahan stres.

Karakteristik jiwa yang sehat menurut Kemenkes RI (2012) meliputi:
a.Menerima dirinya apaa danya dengan criteria mampu mengatasi perasaan-perasaan negative atau positif dengan baik, memiliki harga diri yang normal, tidak merendahkan maupun menyombongkan dirinya, dan dapat menerima kehidupannya dengan baik.

b.Memiliki hubungan yang baik dengan orang lain dengan criteria dapat mencintai dan dicintai, tidak berbuat curang maupun dicurangi oleh orang lain, memiliki rasa kepercayaan terhadap orang lain, tidak meremehkan pendapat orang lain, dan menjadi bagian dari kelompok.

c.Mampu menjalani kehidupannya secara terarah dengan criteria memiliki tujuan hidup yang realistis, dapat mengambil keputusan, memiliki rasa tanggungjawab, dan menjalani pekerjaannya dengan senang hati.

Sedangkan ciri-ciri sehat jiwa menurut WHO antara lain:
1) Dapat menyesuaikan diri secara konstruktif pada kenyataan, meskipun kenyataan itu buruk baginya
2) Memeperoleh kepuasan dari hasil jerih payah usahanya
3) Merasa lebih puas memberi dari pada menerima
4) Secara relative bebas dari rasa tegang (stress)
5) Berhubungan dengan orang lain secara tolong menolong dan saling memuaskan
6) Menerima kekecewaan untuk dipakainya sebagai pelajaran di kemudian hari
7) Mengarahkan rasa permusuhan pada penyelesaian yang kreatif dan konstruktif
8) Mempunyai rasa kasih sayang yang besar

Upaya dalam memenuhi kesehatan jiwa menurut UU RI No. 18 tahun 2014 pasal 12 dilaksanakan di lingkungan keluarga, lembaga, dan masyarakat.

a.Lingkungan keluarga, dilaksanakan dalam bentuk:
1)pengembangan pola asuh yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan jiwa;
2)komunikasi, informasi, dan edukasi dalam keluarga; dan
3)kegiatan lain sesuai dengan perkembangan masyarakat.

b.Lingkungan lembaga, dilaksanakan dalam bentuk:
1)menciptakan lingkungan lembaga yang kondusif bagi perkembangan Kesehatan Jiwa;
2)memberikan komunikasi, informasi, dan edukasi mengenai pencegahan gangguan jiwa; dan
3)menyediakan dukungan psikososial dan Kesehatan Jiwa di lingkungan lembaga.

c.Lingkungan masyarakat, dilaksanakan dalam bentuk:
1)menciptakan lingkungan masyarakat yang kondusif;
2)memberikan komunikasi, informasi, dan edukasi mengenai pencegahan gangguan jiwa; dan menyediakan konseling bagi masyarakat yang membutuhkan

Agar jiwa selalu sehat, disampaikan Tips Sehat Jiwa, meliputi:
1.Menerima dan menghargai diri sendiri
Setiap individu itu berbeda dan unik, namun satu hal yang sama adalah tidak ada individu yang sempurna. Hargai diri kita sendiri, kenali dan terima kelemahan yang kita miliki, namun fokuslah pada hal-hal yang menjadi kelebihan kita. Bersikaplah lebih realistis terhadap hal-hal yang masih ingin kita ubah dalam diri kita. Jika hal tersebut dapat diubah, cobalah untuk mengubahnya secara perlahan.

2.Menjaga hubungan baik/bersosialisasi
Tidak perlu berjuang sendirian saat kita menghadapi suatu masalah. Hubungan keluarga dan teman yang baik dapat membantu mengatasi tekanan dalam hidup karena dapat memberikan masukan serta membuat kita merasa diperhatikan. Tetaplah menjaga hubungan baik dengan selalu bertukar kabar lewat telepon, bertemu, dan saling bercerita

3.Aktif berkegiatan
Aktiflah bertemu dengan banyak orang dan tergabung dalam kegiatan baru
di lingkungan. Masuklah dalam komunitas, atur pertemuan dengan teman-teman
atau ikuti kursus yang dapat membantu kita untuk merasa lebih baik. Ikut kegiatan yang bertujuan membantu orang lain juga dapat membuat kita merasa dibutuhkan dan menjadi semakin berharga. Hal ini membuat kepercayaan diri semakin meningkat. Aktivitas seperti ini juga membantu kita melihat dunia dari pandangan yang berbeda sehingga membantu melihat masalah dari sudut pandang yang lain.

4.Bercerita kepada orang lain
Bercerita mengenai perasaan yang dirasakan bukan menandakan bahwa kita lemah, tetapi merupakan bagian dari usaha kita untuk menjaga kesehatan mental. Didengarkan oleh orang lain membuat kita merasa didukung dan tidak sendirian. Mungkin awalnya sulit, namun jika terus dilakukan maka akan terbiasa. Oleh karena itu, carilah orang yang anda bisa ajak berbicara dengan santai dan kemukakan apayang ada di kepala anda.

5.Aktif bergerak/olahraga
Temukan olahraga yang kita sukai dan mulai lakukan. Latihan pada badan dipercaya dapat mengeluarkan senyawa kimiawi di dalam otak yang membuat kita merasa lebih baik. Oleh karena itu, olah raga teratur dapat membuat kita merasa lebih positif, membantu konsentrasi, tidur, serta membuat kita merasa dan terlihat lebih baik. Bergerak tidak harus dengan olah raga, namun dapat dilakukan melalui kegiatan lain seperti berjalan di taman, berkebun, atau melakukan pekerjaan rumah tangga. Lakukan selama minimal 30 menit, 3 – 5 kali seminggu.

6.Lakukan kegiatan yang dikuasai
Melakukan aktivitas yang kita sukai dan minati dapat membantu mengatasi tekanan. Aktivitas yang disukai adalah aktivitas yang kita kuasai dan dapat membantu kita semakin percaya diri serta mengatasi emosi yang kita rasakan. Berkebun, memasak,melukis, bermain musik, berolah raga merupakan contoh aktivitas yang dapat membantu kita mengekspresikan diri. Cari aktivitas yang dapat membantu anda.

7.Istirahat/relaksasi
Jika terlalu banyak kegiatan ternyata membuat kita tertekan, maka carilah waktu untuk istirahat dan santai. Dengarkan tubuh kita sendiri. Jika tubuh sangat lelah, berikan waktu untuk tidur. Selain itu lakukan kegiatan seperti mendengarkan musik,membaca, menonton film, atau mencoba kegiatan baru yang menyenangkan. Andajuga juga dapat melakukan pengaturan pernapasan, yoga, atau meditasi. Menggunakan waktu 10 menit untuk istirahat dalam satu hari yang sibuk akan membantu kita mengatasi tekanan dengan lebih baik.

8.Konsumsi makanan dan minuman sehat
Otak kita membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, seperti organ yang ada di dalam tubuh kita. Melakukan diet yang seimbang dapat membantu kesehatan mental kita karena dapat membantu cara berpikir dan cara kita merasakan sesuatu. Cobalah untuk mengkonsumsi 5 porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari serta minum air putih. Minimalisir konsumsi minuman berkafein, berkadar gula tinggi, dan alkohol. Hindari makan,minum alkohol, merokok, dan menggunakan obat-obat terlarang untuk menyelesaikan masalah atau mengatasi perasaan tidak menyenangkan yang kita alami. Hal seperti itu tidakakan menyelesaikan masalah, justru sebaliknya akan menciptakan masalah baru.

9.Minta bantuan/Ibadah
Terkadang kita merasa lelah atau kewalahan saat sesuatu yang buruk terjadi. Saat masalah sudah mulai berlebihan dan anda merasa tidak dapat mengatasi, mintalah bantuan. Keluarga dan teman merupakan lingkungan terdekat yang dapat mendengarkan masalah anda. Jika anda mengalami masalah fisik, pergilah ke dokter. Begitu juga jika anda merasa memiliki masalah psikologis, anda dapat berkonsultasi pada psikolog, psikiater, pemuka agama. Jangan malu untuk meminta pertolongan para ahli demi kesehatan mental yang baik. Setiap orang memerlukan bantuan dari waktu ke waktu dan tidak ada yang salah dari meminta bantuan. Selain itu anda juga dapat berdoa atau sembahyang, dengan mendekatkan diri dengan sang Pencipta membuat kita lebih bersyukur dan ikhlas menerima keadaan. Kenyataannya, meminta bantuan merupakan tanda adanya kekuatan personal.

SubbagHukum, Organisasi&Humas
RSJ Prof. Dr. SoerojoMagelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi 133
Fax : 0293 365183
Email :[email protected]
Website :www.rsjsoerojo.co.id

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment