RSJS Magelang Dorong Kelurahan Kramat Utara Menjadi Pelopor Kelurahan Siaga Sehat Jiwa di Kota Magelang

August 15, 2018

MAGELANG- Tim Community Mental Health Nursing/CMHN RSJ Prof. Dr Soerojo Magelang menjadi saksi atas inisiatif kelurahan Kramat Utara menjadi pilot project dan pelopor pembentukan Kelurahan Siaga Sehat Jiwa (KSSJ) pada Selasa (14/8) yang dilaksanakan di kantor Kelurahan Kramat Utara.

Pada seremonial Penandatanganan Komitmen Bersama, Pembentukan Kelurahan Siaga Sehat Jiwa, Kepala Kelurahan Kramat Utara Drs. Sugeng Nurdiyanto menyampaikaan bahwa dalam proses inisiatifnya untuk membentuk Kelurahan Siaga Sehat Jiwa (KSSJ), Kelurahan Kramat utara melalui Forum Kesehatan Kelurahan (FKK) melakukan koordinasi dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Magelang, Poltekkes Kemenkes Semarang, Prodi Keperawatan Magelang,  Puskesmas Magelang Utara selaku pemegang wilayah, serta berbagai tokoh masyarakat, berkolaborasi dan berkomitmen untuk menjadikan Kelurahan Kramat Utara khususnya dan Kota Magelang pada umumnya,menjadi wilayah yang sehat jiwa. “ Pada kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas dukungan penuh dari Direktur Utama RSJ Prof dr. Soerojo Magelang, dr. Eniarti, Sp.KJ., M.Sc., MMR”, pungkasnya.

Apresiasi juga diberikan oleh Prodi Keperawatan Kemenkes Semarang dan seksi P2PTM Dinas Kesehatan kota Magelang yang turut hadir menyaksikan penandatanganan komitmen pembentukan Kelurahan Siaga Sehat Jiwa. Mereka menyatakan siap untuk memberikan masukan serta kontribusi terhadap program kerja Kelurahan Siaga Sehat Jiwa.

Dalam rangkaian acara penandatanganan pembentukan Kelurahan Siaga Sehat Jiwa, Tim Community Mental Health Nursing/CMHN RSJ Prof. Dr Soerojo Magelang, Julijanto, S.Kep., Ns dan Nurul Hidayati, S.Kep., Ners  berkesempatan menjadi Narasumber untuk memberikan pendidikan kesehatan jiwa pada masyarakat, serta menjadi fasilitator untuk pelaksanaan program kerja KSSJ Kelurahan Kramat Utara.

Setiap warga negara berhak mendapat perlakuan yang sama untuk semua aspek kehidupan, baik warga negara yang sehat maupun yang sakit, sehat jiwa maupun dengan gangguan jiwa. Sesuai dengan amanah UU Kesehatan No. 36. BAB. IX  tentang kesehatan jiwa; pada pasal 146: Informasi dan Edukasi pada masyarakat, menghindari pelanggaran HAM. Hal tersebut ditegaskan juga pada pasal 148: Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) mempunyai hak yang sama mendapatkan perlakuan untuk semua aspek kehidupan,  hal ini menjadi dasar bahwa ODGJ harus diperlakukan dan mendapat penanganan secara bermartabat, terlepas dari adanya stigma di masyarakat tentang ODGJ, mereka kadang diperlakukan kurang manusiawi, seperti diikat, dikurung bahkan dipasung.

Untuk menghilangkan stigma di masyarakat tidaklah mudah, dibutuhkan kolaborasi berbagai sektor, sehingga akan menjadi kekuatan besar dalam menangani masalah kesehatan jiwa khususnya dan masalah kesehatan pada umumnya. Edukasi dan Informasi kesehatan jiwa pada masyarakat sangatlah penting, karena akan menjadi bekal bagi masyarakat untuk bekerja dan menangani warga masyarakat yang mengalami gangguan jiwa. Diharapkan dengan terbentuknya Kelurahan Siaga Sehat Jiwa ini akan menjadi ujung tombak dalam menghilangkan stigma tersebut dan penanganan kesehatan jiwa pada umumnya.

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment