RSJS SOSIALISASI KESEHATAN JIWA PADA MASYARAKAT PARE KABUPATEN TEMANGGUNG

August 31, 2018

RSJ Prof. dr. SoerojoMagelang dalam hal ini Instalasi Keswamas , bersama dengan Puskesmas Pare Kec Kranggan Kab Temanggung , melakukan kegiatan sosialisasi kesehatan jiwa pada masyarakat Pare Kab Temanggung dengan tema Dukungan masyarakat untuk ODGJ ( Orang Dengan Gangguan Jiwa ).

Kegiatan dilaksanakan pada tgl 28 Agustus 2018 di balai desa Krangga. Kegiatan ini  dihadiri sekitar 50 orang yang terdiri dari jajaran Muspika, Dinas Sosial Kab Temanggung dan TKSK, para kepala desa, staf dari dinas kesehatan, bidan desa, serta Kader kesehatan setempat.

 

Acara dimulai dari Jam 10.00 s/d jam 14.00, dengan acara inti ceramah dan diskusi. Dua penceramah dari RSJ Prof Dr Soerojo Magelang adalah Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakatdan Sri Murdiningsih,S.Kep.Ns.  dan satu penceramah dari Dinas Sosial Kab Temanggung adalah Kepala Dinas Sosial Kab Temanggung. Materi yang disampaikan pada pertemuan ini adalah tentang Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Dukungan masyarakat terhahap ODGJ. Acara  dilanjutkandengan tanya jawab dan diskusi .

Usulan konkrit dari RSJ Prof Dr Soerojo Magelang dalam kegiatan ini adalah agar masyarakat meningkatkan kepedulian terhadap masalah kesehatan jiwa masyarakat dengan perintisan Desa Siaga Sehat Jiwa. Dengan harapan keluarga yang sehat tetap sehat jiwanya, keluarga yang risiko sakit jiwa, tidak mengalami gangguan jiwa dan  keluarga yang terkena gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dengan baik.Dan RSJ Prof Dr Soerojo Magelang siap mendukung dan mendampingi proses perintisan Desa Siaga Sehat Jiwa di wilayah ini.

Sedangkan dari Dinas Sosial kab Temangggung mengharapkan adanya kerjasama dari semua fihak untuk menolong ODGJ yang terlantar yang ada di wilayahnya termasuk gelandangan psikotik yang di jalanan. Dengan peningkatan kepedulian dari masyarakat melalui kepala desa, yang melaporkan adanya ODGJyang ada di wilayahnya ke Dinas Sosial Kab Temanggung. Kemudian akan dimintakan surat pengantar dari  puskesmas , terkait surat keterangan Diagnosis ODGJ tersebut, untuk pengantar merujuk ke RSJ Prof Dr Soerojo Magelang. Dinas Sosial Kab.Temanggung akan sebagai penanggung jawabnya.

Jika ODGJ yang dirawat di RSJ Prof Dr Soerojo Magelang sudah tidak disorientasi , akan dicarikan alamat aslinya, yang selanjutnya akan diproses lebih lanjut. Beliau berharap tidak ada lagi ODGJ yang terlantar dijalanan, dan tidak ada lagi ODGJ yang diangkut dari satu wilayah ke wilayah lain oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dalam akhir acara , Kepala Puskesmas Pare mengharapkan ada Tim untuk penanganan ODGJ yang ada di wilayahnya. Dan akan menindaklanjuti pertemuan ini dengan perintisan DSSJ di waktu yang akan datang.

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment