RSJS Magelang Ajak Murid SMP TRISULA Muntilan Jauhi NAPZA

September 12, 2018

MAGELANG-Sebanyak 30 siswa – siswi SMP TRISULA Muntilan Kabupaten Magelang sangat antusias dalam diskusi kelompok terarah yang dipandu oleh Tim Pelayanan Rehabilitasi Napza RSJ Prof Dr Soerojo Magelang pada Jumat (7/9) di Gedung Serbaguna dan Mushola SMP TRISULA Muntilan Kab. Magelang.

Diskusi kelompok terarah yang diikuti oleh siswa – siswi SMP TRISULA Muntilan ini merupakan kegiatan Advokasi dan sosialisasi Kesehatan Jiwa dan Napza yang dilakukan oleh RSJ Prof Dr Soerojo Magelang. Kegiatan Advokasi dan sosialisasi Keswa dan Napza adalah merupakan salah satu dukungan RSJ Prof Dr Soerojo Magelang terhadap P2MKJN ( Pencegahan Dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa Dan Napza ).

Metode diskusi kelompok terarah ini dipilih sebagai salah satu cara yang pas dalam pembahasan tentang pencegahan dan pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza karena metode tersebut dirasa paling cocok bagi permasalahan yang bersifat sangat lokal dan sepesifik , oleh karena itu diskusi terarah yang melibatkan masayarakat setempat dipandang sebagai pendekatan yang paling serasi.

Sebelum dilakukan diskusi kelompok terarah Psikiater RSJ Prof. Dr Soerojo Magelang, dr Ratna Dewi Pangestuti.,M.Sc.,Sp.KJ memberikan sosialisasi tentang NAPZA. Dari materi yang disampaikan tersebut siswa – siswi SMP TRISULA Muntilan diajak untuk berdiskusi dalam beberapa kelompok secara aktif dan terarah.  Diskusi kelompok terarah yang dilakukan ini merupakan suatu proses pengumpulan informasi mengenai Napza.

Tujuan dari diskusi kelompok terarah ini adalah untuk memperoleh masukan atau informasi mengenai permasalahan yang terkait dengan Napza di SMP TRISULA Muntilan Kab. Magelang. Diskusi ini berjalan cukup baik dan lancar, terlihat dari gestur siswa yang rileks dan tidak ada yang terlihat bosan atau mengalami Syndrom Respondent Fatique, meskipun diskusi berlangsung hingga siang.

Setelah informasi berhasil dikumpulkan melalui diskusi kelompok terarah tersebut  Tim Pelayanan Rehabilitasi Napza RSJ Prof Dr Soerojo Magelang melakukan analisa dan menyerahkan rencana tindak lanjut penyelesaian masalah kepada pihak sekolah SMP TRISULA Muntilan Kab. Magelang

RSJ Prof Dr Soerojo Magelang tidak sendirian dalam kegiatan ini. Puskesmas Muntilan 2 Kab. Magelang turut serta dalam Advokasi dan sosialisasi Kesehatan Jiwa dan Napza ini karena SMP TRISULA Muntilan merupakan wilayah kerja Puskesmas Muntilan 2 Kab. Magelang.

RSJ Prof Dr Soerojo Magelang mengajak Puskesmas Muntilan 2 Kab. Magelang bersinergi bersama dalam penanganan masalah kesehatan jiwa, terutama masalah kesehatan jiwa anak dan remaja. Hal ini disampaikan Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJ Prof Dr Soerojo Magelang disela – sela kegiatan Advokasi dan sosialisasi Kesehatan Jiwa dan Napza di SMP TRISULA Muntilan.

dr Arif Wibisono selaku Kepala Puskesmas Muntilan 2 yang turut hadir pada Advokasi dan sosialisasi Kesehatan Jiwa dan Napza di SMP TRISULA Muntilan menyambut baik ajakan tersebut. Ia mengatakan bahwa hal tersebut dapat dijadikan inovasi pengembangan pelayanan di Puskesmas Muntilan 2 Kab, Magelang.

Subbag Hukum, Organisasi & Humas

RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang

Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133

Fax : 0293 365183

Email : [email protected]

Website : www.rsjsoerojo.co.id

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment