RSJS Magelang Bebaskan 3 Korban Pasung di Hari Jadinya yang Ke-95 Tahun

September 18, 2018

MAGELANG – RSJ Prof Dr Soerojo Magelang berhasil mengevakuasi 3 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung oleh keluarganya di wilayah Kecamatan Candimulyo dan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang tepat di hari ulang tahun RSJS Magelang yang ke 95 pada Sabtu (15/9).

Bekerjasama dengan KPSI (KPSI) Simpul Magelang, Dinkes Kab Magelang, Puskesmas, Polsek, Babinsa serta Pemerintahan setempat, RSJS dapat melaksanakan evakuasi terhadap para pasien dengan lancar selama 2 hari yaitu sabtu (15/9) dan Minggu (16/9). Pembebasan pasung ini dimaksudkan guna membantu ODGJ mendapatkan hak mengakses layanan kesehatan yang mereka butuhkan.

Pada hari Sabtu (15/9) RSJS Magelang berhasl mengevakuasi Sdr.A.Is. di wilayah Kecamatan Candimulyo Kab. Magelang dengan kondisi tubuh yang sudah dipasung dalam ruangan terkunci tanpa ventilasi dan hanya terdapat sebuah lobang kecil untuk memberi makanan. sejak tahun 2011. Pemasungan yang dilakukan oleh pihak keluarga lantaran yang bersangkutan terus menggangu lingkungan dengan berteriak – teriak dan selalu mengancam membunuh ibunya. Kondisi ini diperparah dengan keadaan ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan untuk membiayai perawatan maupun pengobatan kepada yang bersangkutan dan keluarga inipun tak memiliki Kartu Indonesia Sehat maupun Kartu BPJS Kesehatan.

Pada proses evakuasi dihari kedua  yang dilakukan di wilayah Kecamatan Dukun Kab Magelang, Kondisi ODGJ tak jauh berbeda dengan ODGJ sebelumnya. Keduanya, Sdr.Wd dan  Sdr Tr harus dipasung dan dirantai kakinya oleh keluarga lantaran sering merusak barang – barang sekitar dan selalu pergi membawa golok kesana kemari.  kondisi ini sangat meresahkan warga sekitanya sejak 2 hingga 7 tahun terakhir namun masalah ekonomi keluarga selalu menjadi alasan bagi mereka untuk tidak membawanya berobat dan memilih untuk memasungnya dirumah.

Masalah kesehatan jiwa menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah pusat maupun daerah. Namun masih banyak kasus gangguan jiwa yang tidak tertangani dengan baik. Salah satunya adalah masalah ODGJ yang dipasung. Riskesdas tahun 2013 diperkirakan jumlah ODGJ yang dipasung lebih kurang 50.000 orang. Walaupun pada awalnya mereka pernah mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa di RSJ, namun untuk penanganan selanjutnya, karena berbagai faktor yang terkait dengan masalah ekonomi, akses pelayanan, atau menjadi beban keluarga, maka mereka dibiarkan saja tidak dikontrolkan ke RSJ, dan pada akhirnya mereka dipasung. Untuk itu penanganan masalah pasung ini membutuhkan kerjasama lintas program dan lintas sektor.

Ketiga ODGJ yang telah berhasil di evakuasi, langsung mendapatkan palayanan pengobatan di RSJ Prof Dr Soerojo Magelang. setelah menjalani perawatan di RSJS Magelang,  KPSI akan mengupayakan agar ODGJ tersebut  dapat dilatih di Panti Rehabilitasi Psikososial agar ODGJ tersebut mendapatkan rehabilitasi sesuai dengan kebutuhan dan keahliannya sehingga ketika  kembali ke masyarakat, mereka berhasil guna dan berdaya guna .

Keluarga dan masyarakatpun akan diberikan penyuluhan kesehatan jiwa untuk meningkatkan kepedulian terhadap masalah kesehatan jiwa di masyarakat dan menurunkan stigma negatif terhadap ODGJ. Penyuluhan kesehatan jiwa akan dilaksanakan dengan koordinasi antara RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, KPSI dan Puskesmas terkait.

Subbag Hukum, Organisasi & Humas

RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang

Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133

Fax : 0293 365183

Email : [email protected]

Website : www.rsjsoerojo.co.id

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment