95 Tahun RSJS Magelang Mengabdi Untuk Masyarakat

November 30, 2018

MAGELANG – Genap 95 tahun Rumah Sakit Jiwa Profesor Doktor Soerojo Magelang mengabdi untuk masyarakat. Tak ingin melewatkan momen ini, rumah sakit menyelenggarakan beberapa kegiatan yang dipadukan dengan peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional.

Diawali Dengan Pembebasan Pasung
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang berhasil mengevakuasi 3 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung oleh keluarganya di wilayah Kecamatan Candimulyo dan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang tepat di hari ulang tahun RSJS Magelang yang ke 95 pada Sabtu (15/9).

Bekerjasama dengan KPSI (KPSI) Simpul Magelang, Dinkes Kab Magelang, Puskesmas, Polsek, Babinsa serta Pemerintahan setempat, RSJS dapat melaksanakan evakuasi terhadap para pasien dengan lancar selama 2 hari yaitu sabtu (15/9) dan Minggu (16/9). Pembebasan pasung ini dimaksudkan guna membantu ODGJ mendapatkan hak mengakses layanan kesehatan yang mereka butuhkan.

Pada hari Sabtu (15/9) RSJS Magelang berhasil mengevakuasi Sdr.A.Is. di wilayah Kecamatan Candimulyo Kab. Magelang dengan kondisi tubuh yang sudah dipasung dalam ruangan terkunci tanpa ventilasi dan hanya terdapat sebuah lobang kecil untuk memberi makanan. sejak tahun 2011. Pemasungan yang dilakukan oleh pihak keluarga lantaran yang bersangkutan terus menggangu lingkungan dengan berteriak – teriak dan selalu mengancam membunuh ibunya. Kondisi ini diperparah dengan keadaan ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan untuk membiayai perawatan maupun pengobatan kepada yang bersangkutan dan keluarga inipun tak memiliki Kartu Indonesia Sehat maupun Kartu BPJS Kesehatan.

Pada proses evakuasi dihari kedua yang dilakukan di wilayah Kecamatan Dukun Kab Magelang, Kondisi ODGJ tak jauh berbeda dengan ODGJ sebelumnya. Keduanya, Sdr.Wd dan Sdr Tr harus dipasung dan dirantai kakinya oleh keluarga lantaran sering merusak barang – barang sekitar dan selalu pergi membawa golok kesana kemari. kondisi ini sangat meresahkan warga sekitanya sejak 2 hingga 7 tahun terakhir namun masalah ekonomi keluarga selalu menjadi alasan bagi mereka untuk tidak membawanya berobat dan memilih untuk memasungnya dirumah.

Masalah kesehatan jiwa menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah pusat maupun daerah. Namun masih banyak kasus gangguan jiwa yang tidak tertangani dengan baik. Salah satunya adalah masalah ODGJ yang dipasung. Riskesdas tahun 2013 diperkirakan jumlah ODGJ yang dipasung lebih kurang 50.000 orang. Walaupun pada awalnya mereka pernah mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa di RSJ, namun untuk penanganan selanjutnya, karena berbagai faktor yang terkait dengan masalah ekonomi, akses pelayanan, atau menjadi beban keluarga, maka mereka dibiarkan saja tidak dikontrolkan ke RSJ, dan pada akhirnya mereka dipasung. Untuk itu penanganan masalah pasung ini membutuhkan kerjasama lintas program dan lintas sektor.

Ketiga ODGJ yang telah berhasil di evakuasi, langsung mendapatkan palayanan pengobatan di RSJ Prof Dr Soerojo Magelang. setelah menjalani perawatan di RSJS Magelang, KPSI akan mengupayakan agar ODGJ tersebut dapat dilatih di Panti Rehabilitasi Psikososial agar ODGJ tersebut mendapatkan rehabilitasi sesuai dengan kebutuhan dan keahliannya sehingga ketika kembali ke masyarakat, mereka berhasil guna dan berdaya guna .

Keluarga dan masyarakatpun akan diberikan penyuluhan kesehatan jiwa untuk meningkatkan kepedulian terhadap masalah kesehatan jiwa di masyarakat dan menurunkan stigma negatif terhadap ODGJ. Penyuluhan kesehatan jiwa akan dilaksanakan dengan koordinasi antara RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, KPSI dan Puskesmas terkait.

Mengenang Sejarah RSJS Magelang
Seluruh civitas hospitalia RSJS Magelang dengan khidmat mengikuti Upacara Bendera pada Senin pagi (17/9) di Lapangan Upacara RSJS Magelang. Dalam amanat Direktur Utama RSJS Magelang yang menjadi Inspektur Upacara membacakan sejarah singkat tentang perjalanan RSJS Magelang dari masa kemasa. Diceritakan bahwa RSJS mengalami pasang surut dari mulai berdirinya sampai sekarang.
Perayaan HUT RSJS disemarakkan dengan bentuk syukuran pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur telah berusia 95 tahun. Rumah sakit membagikan puding ke seluruh pengunjung dan pasien untuk merayakan hari jadi rumah sakit.
Dalam kesempatan ini rumah sakit berkomitmen untuk mengabdi kepada masyarakat, hal ini dinyatakan melalui logo HUT RSJS yang diluncurkan bersamaan dengan maskot RSJS “Si Penthol”.

Mengajak Masyarakat Bersinergi
Tanpa dibuat sebuah rencana atau rancangan, kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak dapat dipenuhi dengan optimal selain itu fasilitas kesehatan juga mendapatkan kerugian karena mengeluarkan sumber daya yang tidak tepat guna. Hal inilah yang menjadi latar belakang diadakannya sarasehan (2/10) yang dihadiri oleh tokoh masyarakat yang terpandang dan para pimpinan organisasi pelayanan kesehatan lain di masyarakat khususnya di lingkungan Kota Magelang. Direktur utama RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, dr. Eniarti, M.Sc., Sp.KJ., MMR menyampaikan bahwa acara ini diadakan tidak untuk saling bersaing mendapatkan pelanggan. “Mari kita manfaatkan momen ini untuk bersama-sama bersinergi, memenuhi kebutuhan masyarakat.” terang beliau.

Optimalisasi Integrasi Pelayanan Kesehatan Jiwa
Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, RSJ Prof Dr Soerojo Magelang mengadakan seminar terkait anak dan remaja (16/10), dan yang lebih utama adalah mengenalkan pelayanan kesehatan jiwa di masyarakat . Acara disampaikan oleh tiga narasumber dari Dinkes Kabupaten Magelang dan dari RSJ Prof Dr Soerojo Magelang dan dihadiri oleh Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Satpol PP, dan seluruh kepala Puskesmas, Kapolsek, dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), di Kabupaten dan Kota Magelang. Penyelenggara berharap, dengan diadakan acara tersebut dapat dicapai optimalisasi Integrasi pelayanan kesehatan jiwa di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan masyarakat khususnya desa siaga sehat jiwa, penguatan profesional lain yaitu TKSK dan kepolisiaan serta bekerjasama dengan Lembaga Swadaya dalam hal ini Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI).

Self Reporting Questionnaire (SRQ)
Pada Bulan Oktober 2018, rumah sakit jiwa melakukan kegiatan SRQ dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan jiwa kelompok usia muda baik pegawai maupun peserta didik di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang. Pelaksanaan kegiatan ini selaras dengan tema HKJS tahun 2018 yaitu “Generasi Muda Yang Bahagia, Tangguh Dan Sehat Jiwa Menghadapi Perubahan Dunia”.
Hal ini dilakukan sebagai bentuk keikutsertaan RSJS Magelang dalam mengkampanyekan upaya pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan jiwa secara masif baik melalui program kegiatan yang diselenggarakan oleh rumah sakit maupun program kegiatan yang diselenggarakan oleh daerah dan nasional.

Rangkaian kegiatan itu akan ditutup dengan seminar awam yang dilaksanakan pada akhir Bulan November dan pertengahan Bulan Desember.

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi 133
Fax : 0293 365183
Email : [email protected]
Website : www.rsjsoerojo.co.id

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment