Memberdayakan ODGJ agar Berdikari

December 13, 2018

Senam Sehat Geriatri

Magelang – Pagi ini (11/12) RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang kembali mengadakan sosialisasi kepada peserta senam geriatri yang diadakan setiap hari selasa. Tidak seperti senam-senam sebelumnya, pagi ini cuaca tidak mendung sehingga peserta senam tambah bersemangat mengikuti kegiatan tersebut.

Sosialisasi layanan RSJ kali ini dilakukan oleh Instalasi Rehabilitasi Psikososial, yang dibawakan oleh Ibu Rohyati, S.Kep selaku kepala Instalasi tersebut. Informasi layanan yang disampaikan beliau yaitu mengenai Layanan One Day Care (ODC).

Layanan ODC merupakan layanan kesehatan jiwa berupa pemberian keterampilan kerja maupun sosial bagi Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) supaya dapat berdikari memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus sebagai bentuk terapi kesehatan jiwanya. Hal tersebut sangatlah penting bagi ODGJ karena merupakan dasar kebutuhan, yaitu bisa diterima sebagai anggota masyarakat yang terbukti mampu berkarya dan mandiri.

Ibu Rohyati menyampaikan bahwa layanan ini sepenuhnya ditanggung oleh BPJS, sehingga peserta yang ingin ikut tidak perlu membayar sama sekali. “Bahkan, kalau nanti dalam satu titik atau satu jalur ada 20 orang, kami akan antar jemput.”, tambah beliau. Mobil antar jemput akan memudahkan peserta yang didampingi keluarga. Bagi peserta ODC, pendaftaran akan dilakukan oleh staf RSJ sehingga peserta akan terbantu.

Keterampilan yang diberikan pada Layanan ODC bisa digunakan oleh ODGJ untuk berkarya atau bekerja. Selain keterampilan yang diberikan bersifat tepat guna (bisa dimanfaatkan untuk mencari kerja atau membuka lapangan kerja) juga bisa dipertanggungjawabkan karena bila peserta telah selesai mengikuti program ODC ini akan diberikan sertifikat tanda layak kerja sesuai keterampilan yang didapatkan.

Dengan disosialisasikan layanan ODC ini pada acara Senam Geriatri, diharapkan akan membuka jalan bagi ODGJ yang ada di lingkungan peserta senam untuk dapat berdikari dan diterima seutuhnya sebagai anggota masyarakat yang produktif.

Senam Sehat Geriatri

Periksa Kesehatan

Berfoto dengan Slogan-slogan Sehat Jiwa

Ibu Rohyati memberikan Materi Pelayanan Kesehatan Jiwa

 

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by AdminRSJ

Leave a Comment