Jalankan Program Nasional, RSJS Magelang Matangkan Program Pelayanan Tuberkulosa Dengan Sistem DOTS

December 15, 2018

MAGELANG – Sebanyak 21 tenaga kesehatan RSJ Prof Dr Soerojo Magelang mengikuti on the job training pelayanan tuberkulosa dengan sistem DOTS yang dilaksanakan di RSJS Magelang pada Kamis – Jumat (13-14/12) dengan pembimbing dari Dinas Kesehatan Kota Magelang.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang pelayanan tuberkulosa dengan sistem DOTS sehingga tenaga kesehatan di RSJS Magelang mampu mendeteksi pasien dengan suspek TB dan mampu memberikan pelayanan kepada pasein TB dengan sistem DOTS serta mampu memberikan edukasi terhadap pasien dengan diagnosa TB

RSJS Magelang sebagai salah satu rumah sakit pemerintah pusat di Kota Magelang sangat mendukung pelaksanaan strategi DOTS. Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan, khususnya pelayanan bagi pasien Tuberkulosis (TB) maka sangatlah penting mempunyai program kerja di RSJS Magelang yang berfungsi untuk menurunkan angka kematian dan angka kesakitan pasien TB. Oleh karena itu semua tenaga kesehatan di unit yang terkait dalam pemberian pelayanan pasien TB harus memahami, mengerti dan memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan serta harus bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan di RSJS Magelang.

Tuberkulosis (TB) masih menjadi masalah utama kesehatan di Indonesia dan sebagian besar negara-negara di dunia. Dengan meningkatnya HIV/AIDS, kecenderungan permasalahan TB semakin meningkat. Diperkirakan di Indonesia terjadi 500.000 kasus baru TB paru dan 175.000 diantaranya meninggal dunia setiap tahunnya.

Pada awal penerapan strategi Directly Observed Treatment Shortcourse (DOTS) di Indonesia yang dimulai pada tahun 1995, Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan di masyarakat. Namun dengan berjalannya waktu, strategi DOTS telah mulai dikembangkan di Balai Pengobatan Penyakit Paru-paru (BP4) yang saat ini berkembang menjadi Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) dan di rumah sakit, baik rumah sakit milik pemerintah maupun swasta. (why)

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi 133
Fax : 0293 365183
Email : [email protected]
Website : www.rsjsoerojo.co.id

Please follow and like us:
RSS
Facebook
Facebook
Instagram
Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment