4 Sehat 5 Sempurna Sudah “Basi”?

January 25, 2019
Dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional  yang jatuh setiap  tanggal 25 Januari Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan untuk tahun 2019 menetapkan tema “Membangun Gizi menuju bangsa sehat berprestasi. Slogan hari Gizi 2019 adalah “ Gizi Seimbang, Prestasi Gemilang” yang dapat dipakai sebagai pedoman konsumsi sehari-hari dalam memenuhi gizi seimbang . Selama ini dikenal istilah “4 sehat 5 sempurna” yang dikenal luas oleh masyarakat  sejak tahun 1950 an yang dipopulerkan oleh Bapak Gizi Indonesia Prof Poerwo Soedarmo. Dengan adanya perkembangan ilmu gizi, slogan “4 sehat 5 sempurna” dirasakan kurang mewakili gizi seimbang. Karena slogan tersebut baru menyebutkan dari segi jenis makanannya saja, belum secara khusus menyebutkan jumlah yang harus dikonsumsi dari masing-masing bahan makanan. Agar tema :  “ Gizi Seimbang, Prestasi Gemilang” mudah difahami dan mudah diingat oleh masyarakat serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka bisa kita gambarkan dalam “ Isi Piringku “ berikut ini.

gambar pembagian porsi isi piringku

KOMPOSISI ISI PIRINGKU

Makanan pokok

  • Makanan pokok adalah semua bahan makanan yang mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber
  • Macam makanan pokok ini beragam, dipengaruhi oleh ketersediaan, letak geografis dan Pada umumnya dari golongan serealia/ biji-bijian, umbi-umbian dan olahannya.
  • Dalam diagram isi piringku, makanan pokok mendapat bagian cukup besar, yaitu 2/3 dari 50% isi piring

Lauk pauk

  • Lauk pauk terdiri bahan makanan sumber protein hewani dan
  • Lauk hewani dapat berupa ayam, telur, dagingsapi, daging kambing, ikan dan hasil laut Lauk nabati berupa tempe ,tahu, jamur dan kacang-kacangan.
  • Keduanya mempunyai keunggulan masing masing yg dapat saling Lauk hewani mengandung asam amino yg lebih lengkap dan mudah diserap tubuh,sedangkan lauk nabati mengandung asam lemak tak jenuh yg lebih tinggi di banding lauk hewani. Sehingga keduanya dianjurkan masuk dalam menu sehari-hari.
  • Dalam diagram isipiringku lauk mendapat 1/3 bagian dari 50% isi piring
  • Dengan contoh lauk hewani 1 butir telur/ 2 potong sedang ayam tanpa kulit (80gr), ikan ukuran sedang  (75gr), lauk nabati tempe 2 potong sedang ( 50gr)/ tahu ukuran besar (100gr)

Buah –buahan

  • buah-buahan merupakan sumber vitamin(A,B1,B6,B12,C) mineral (K,Mg) dan serat
  • Dalam diagram isi piringku buah mendapat porsi 1/3 bagian dari 50% isi piring
  • Contoh anjuran konsumsi buah 1 kali makan, 150 gr  2 potong sedang papaya/ 2 buah jeruk ukuran sedang (110gr)/ 1 buah pisang

Sayur-sayuran

  • Sayuran juga merupakan sumber vitamin dan mineral, sehingga berguna sebagai anti oksidan.
  • Sayuran sebagai sumber serat pangan, berguna melancarkan buang air besar, detoksifikasi dan menurunkan
  • Dalam diagram isi piringku, sayur mendapat bagian yg cukup banyak setara dengan makanan pokok, yaitu 2/3 bagian dari 50% piring
  • Dengan anjuran konsumsi sekali makan sebanyak 150 gr sayur atau sebanding dengan 1 mangkuk sedang

 

 

Anjuran kesehatan lain

  1. Membatasi asupan gula,garam dan lemak/minyak.
    Konsumsi gula maksimal 4 sdm per hari, garam 1 sdt per hari dan minyak 5 sdm per hari.
  2. Mencuci tangan memakai sabun.
    Mencuci tangan mencegah penyakit diare, ISPA, hingga 50 %, cacingan, hepatitis A dan sakit mata
  3. Minum air 8 gelas sehari
    Minum air yang cukup dapat memelihara kesehatan ginjal, menghindari dehidrasi dan melancarkan pencernaan.
  4. Menjaga aktifitas fisik
    Aktifitas fisik dapat berupa jalan santai, berkebun, mengerjakan pekerjaan rumah dll.
  5. Memantau berat badan setiap bulan
    Untuk mengetahui dan mempertahankan BB ideal dan status gizi normal.

 

Ditulis oleh : Tim Gizi RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang

Posted in Artikel, Blog by AdminRSJ

Leave a Comment