Hari Lansia Nasional, RSJS Magelang Adakan Seminar Gratis

May 16, 2019

MAGELANG-RSJ Prof Dr SOEROJO Magelang memperingati Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2019 dengan menggelar seminar di gedung Instalasi Penilaian Kapasitas Mental RSJS Magelang pada Selasa (14/5).

Seminar tersebut dihadiri oleh Komunitas/Paguyuban Senam Lansia RSJS Magelang, Masyarakat Lanjut Usia di sekitar RSJS Magelang dan Pegawai yang berusia lanjut di RSJS Magelang. Seminar tersebut menyajikan materi Gangguan Fisik pada Lansia dan Kesehatan Jiwa Lansia yang disampaikan oleh dr. Nedya Safitri, Sp.PD dan dr. Anita Budijantio, M.Sc., Sp.KJ

Seminar kesehatan yang diadakan secara gratis ini merupakan wujud kepedulian dan penghargaan RSJS Magelang terhadap warga lanjut usia di Kota Magelang, serta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang kesehatan baik kesehatan fisik maupun kesehatan jiwa sehingga dapat menjadi lansia yang sehat, produktif, dan mandiri.

Hari lanjut Usia Nasional (HLUN) merupakan salah satu hari penting di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 29 Mei sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia. Tema peringatan HLUN tahun 2019 ini adalah “Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat” dengan sub tema Wujudkan lanjut usia yang mandiri, maju dan sejahtera; Lanjut usia juara lahir dan batin; Semua lanjut usia adalah orang tua kita; dan Lanjut usia sehat dan berdaya menuju terwujudnya masyarakat sehat (Kemensos, 2019).

Umur harapan hidup (UHH) yang terus meningkat setiap tahun membuat jumlah penduduk lansia terus bertambah. Sensus penduduk 2010, Indonesia masuk dalam 5 besar negara dengan jumlah lansia terbanyak di dunia. Semakin bertambah usia, semakin besar pula kemungkinan seseorang mengalami permasalahan fisik, jiwa, sosial dan spiritual. Salah satu permasalahan yang sangat mendasar pada lanjut usia adalah masalah kesehatan akibat proses degeneratif.

Upaya peningkatan kesejahteraan pada lanjut usia diarahkan untuk memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif agar terwujud kemandirian dan kesejahteraan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan pelayanan kesehatan geriatri di rumah sakit. Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang berkomitmen menjadi rumah sakit yang ramah dengan lansia. Komitmen tersebut dibuktikan dengan dibukanya pelayanan geriatri terpadu. Pelayanan ini memberikan edukasi, konsultasi, pengobatan, dan rehabilitasi kepada pasien geriatri yang dilakukan secara terpadu oleh tim terpadu geriatri secara interdisiplin.

Subbag Hukum, Organisasi & Humas
RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang
Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi 133
Fax : 0293 365183
Email : [email protected]
Website : www.rsjsoerojo.co.id

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment