30 Pejabat Pemkab Magelang Ikuti Bimtek Manajemen Stres di RSJS Magelang

July 24, 2019

 

MAGELANG-Sebanyak 30 orang pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang antusias mengikuti Bimbingan Teknis Manajemen Stres di Gedung Aula Diklat RSJ Prof Dr Soerojo Magelang pada Rabu 24 Juli 2019.

Narasumber yang memberikan bimbingan dalam bimtek manajemen stress ini adalah dr Ratna Dewi Pangestuti, M.Sc.,Sp.KJ, dr Santi Yuliani, M.Sc.,Sp.KJ dan Dra Sri Haryanti, Psikolog yang merupakan professional di RSJS Magelang. Mereka menyampaikan pengetahuan tentang Mengelola Stres, Mengenal Stres Kerja dalam Perspektif  Biopsikososial, dan Spiritual serta Mengenal Stress Analyser.

Dalam bimtek ini, peserta belajar untuk mengenal stres dan pengaruhnya terhadap performa kerja dan mengurangi kemungkinan terkena dampak negatif dari stres, seperti tekanan darah tinggi, jantung berdebar, sakit lambung, dll serta membantu mengurangi kecemasan berlebihan, kondisi panik dan takut, kondisi marah berlebihan, dll.

Peserta bimtek juga belajar terkendali dan sadar untuk menumbuhkan diri positif agar stres tidak menjadi berlebihan sampai merusak kesehatan dan kebahagiaan hidup. Dengan memiliki keterampilan dalam mengelola stres maka seorang pekerja akan semakin unggul daya tahan diri dalam menghadapi berbagai realitas hidup sehingga dapat mengoptimalisasi kemampuannya sebagai pekerja

Dengan bimtek ini peserta diharapkan mampu mengenal gejala stres dini dan kekuatan diri untuk mengelola stres selama bekerja. Selanjutnya peserta dapat membangun kesadaran bahwa stres tidak bisa dihindari, namun dapat dikelola agar mendapatkan performa kerja lebih baik. Dengan begitu peserta dapat mengelola secara proaktif situasi yang penuh tekanan dan tidak pasti selama bekerja. Dan yang paling penting adalah mereka mampu menerapkan dan mempraktekan bagaimana mengelola stres secara mandiri.

Seperti yang kita ketahui bahwa bekerja merupakan kebutuhan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dirinya baik secara ekonomi maupun meningkatkan aktualisasi diri. Dalam proses mencapai tujuannya selama bekerja seorang pekerja tidak terlepas dari stres. Kejadian stres pekerja pada berbagai kelompok di Indonesia cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukan prevalensi stress kerja pada pekerja sebanyak 79 % pada pekerja di kementrian kesehatan (kementrian kesehatan, 2017). Hal ini menuntut kita sebagai pekerja memiliki cara pengelolaan stres yang efektif. Stres adalah sesuatu yang biasa dan merupakan bagian dari kehidupan setiap orang, tidak seorang pun yang bisa menghindari stres.

Stres, tekanan, trauma adalah kondisi yang wajar dalam kehidupan cepat dan penuh tantangan ini.  Stres yang baik akan mendorong seseorang untuk mencapai batas agar mencapai prestasi atau kinerja yang lebih tinggi. Stres yang buruk menjebak seseorang untuk gagal dan tak berdaya dengan situasi yang dihadapi. Dampak stres ditempat kerja dapat berupa keluhan fisik seperti cemas, mudah lelah, pusing berkepanjangan, ketegangan otot, dll, hingga dampak psikologis seperti sulit tidur, mimpi buruk, kurang termotivasi,mudah marah, depresi, dll. Hal ini akan membuat performa kerja seorang pekerja menurun. Oleh karena itu, stres harus dikelola dan diatasi dengan cara yang baik. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres adalah dengan meningkatkan kesadaran diri mengenal dan mengelola stres yang dialami.

.

Subbag Hukum, Organisasi & Humas

RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang

Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133

Fax : 0293 365183

Email : [email protected]

Website : www.rsjsoerojo.co.id

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment