RSJS Magelang Evakuasi Ibu dan Anak di Kecamatan Tegalrejo

September 12, 2019

MAGELANG-Dua orang dengan gangguan jiwa yang terdiri dari ibu dan anak berhasil dievakuasi oleh tim Bagaspati Among Jiwo RSJ Prof. Dr. SOEROJO Magelang pada Rabu (11/9). Evakuasi kegawatdaruratan psikiatri dan pasung ini merupakan tindak lanjut dari Layanan Bagaspati Among Jiwo yang merupakan Inovasi Layanan Berbasis Digital yang dimiliki oleh RSJ Prof. Dr. SOEROJO Magelang.

Bagaspati Among Jiwo merupakan singkatan dari Barisan Gasak Pasung Sejati Among Jiwo. Bagaspati Among Jiwo adalah program penemuan, pembebasan dan pengobatan serta rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi dan peran Orang Dengan Gangguan Jiwa dengan mengutamakan pendekatan Tri Upaya Bina Jiwa dan kerjasama lintas program, lintas sektor serta kemitraan.

Masyarakat yang melaporkan adanya kegawat daruratan psikiatri melalui Aplikasi Bagaspati Among Jiwo akan ditindaklanjuti oleh Tim Bagaspati Among Jiwo.  Sejak layanan ini diluncurkan pada tanggal 10 Juli 2019, sudah 36 kasus yang berhasil ditangani yaitu 24 kasus pasung dan 12 kasus gawat darurat psikiatri. Daerah yang telah memanfaatkan layanan ini meliputi Kabupaten Magelang dengan 22 pasien, Kota Magelang 10 pasien, Kab Temanggung 3 pasien dan Kabupaten Semarang 1 pasien.

Keseluruhan pasien gangguan jiwa tersebut dilayani dengan pembiayaan dari JKN dan Jamkesda. Dari 36 pasien tersebut,  9 orang masih dirawat, 7 orang disalurkan ke panti psikotik dan 20 orang sudah kembali ke keluarga.

Subbag Hukum, Organisasi & Humas

RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang

Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133

Fax : 0293 365183

Email : [email protected]

Website : www.rsjsoerojo.co.id

 

Posted in Blog, Event by AdminRSJ

Leave a Comment