Instruktur Pertanian RSJS Magelang Tingkatkan Kompetensi

September 18, 2019

 MAGELANG- Instruktur pertanian RSJ Prof. Dr. SOEROJO Magelang sangat antusias dalam mengikuti pelatihan yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kota Magelang pada Selasa (18/9) di Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSJS Magelang.

Pelatihan yang diselenggarakan satu hari ini diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari instruktur di Instalasi Rehabilitasi Psikososial, staf  Instalasi Kesehatan Lingkungan , serta staf Subbag Rumah Tangga dan Perlengkapan. Pelatihan ini nantinya akan berguna bagi para instruktur dalam memberikan keterampilan kepada para rehabilitan dan juga berguna bagi para staf lainnya dalam mengelola lahan yang merupakan aset RSJS Magelang .

Setelah mengikuti kegiatan ini, para instruktur Rehabilitasi psokososial diharapkan mampu meningkatkan pelayanan yang optimal terhadap rehabilitan, khususnya dibidang terapi kerja unit pertanian  sistem hidroponik, pemanfaatan lahan dan budidaya jamur tiram. Secara keseluruhan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan , pengetahuan dan ketrampilan pertanian pada staf yang membidangi pemanfaatan lahan dan pengelolaan asset.

Narasumber  dari Dinas Pertanian Kota Magelang yang hadir adalah Untung Jati Waluyo, Spi, Rayndra Sahdan Mahmudin,dan Faris Ikmawanto. Mereka memberikan  ilmu tentang Hidroponik, Budidaya Jamur, dan Pertanian dalam bentuk teori dan praktek .

Instalasi Rehabilitasi Psikososial di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang merupakan salah satu unit pelayanan yang memberikan pelayanan rehabilitasi kepada pasien yang meliputi: terapi kerja, latihan kerja dan resosialisasi pada pasien gangguan jiwa. Fase rehabilitasi merupakan fase terminasi saat berada dalam lingkungan Rumah Sakit dan fase ini dilakukan setelah kondisi pasien melewati masa kuratif. Pada proses rehabilitasi berfungsi mempersiapkan pasien untuk kembali pada komunitasnya dengan berbagai bekal ketrampilan sosial dan mendorong peningkatan kemampuan dalam beradaptasi.

Pengobatan gangguan jiwa meliputi beberapa aspek, antara lain psikoterapi, somatoterapi dan sosioterapi maupun manipulasi lingkungan. Sejalan dengan konsep tersebut Instalasi Rehabilitasi Psikososial memberikan pelayanan kepada rehabilitan secara komprehensif baik okupasi maupun vokasional terapi serta resosialisasi. Rehabilitan diberi kegiatan yang diharapkan bisa menjadi bekal untuk menyesuaikan diri dengan kondisi di lingkungannya.

Salah satu kegiatan okupasi maupun vokasional yang dilakukan di Instalasi Rehabilitasi Psikososial adalah kegiatan pada unit pertanian. Kegiatan ini merupakan salah satu pilihan kegiatan okupasi maupun vokasional yang tersedia di Instalasi Rehabilitasi Psikososial, kegiatan ini merupakan upaya positif membantu rehabilitan dalam mengembangkan minat kemampuannya pada bidang pertanian. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan rehabilitan mampu mengembangkan secara mandiri maupun bekerja dengan orang lain yang memiliki kegiatan yang sama di tempat tinggalnya, sehingga dapat mengurangi salah satu faktor kekambuhan rehabilitan dengan adanya pekerjaan tetap tersebut.

Subbag Hukum, Organisasi & Humas

RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang

Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133

Fax : 0293 365183

Email : [email protected]

Website : www.rsjsoerojo.co.id

 

Posted in Blog, Event by AdminRSJ

Leave a Comment