RSJS Magelang Tingkatkan Mutu dan Keselamatan Pasien

November 1, 2019

MAGELANG-Sebuah InHouse Training peningkatan mutu dan keselamatan pasien diselenggarakan RSJ Prof Dr SOEROJO Magelang pada Kamis – Sabtu (31/10 – 2/11) di Gedung Aula Diklat RSJS Magelang. Pelatihan yang digelar selama 3 hari ini menghadirkan Dr. dr. Hervita Diatri, SpKJ (K) dan tim PKMP RSUP dr Cipto Mangun Kusumo Jakarta.

Pelatihan ini diikuti oleh 75 orang yang terdiri dari Pejabat Struktural, Kepala Instalasi, Ketua Komite, Kepala ULP, Ketua SPI, dan Kepala Ruang. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat memahamai program keselamatan pasien rumah sakit, program peningkatan mutu rumah sakit, sasaran keselamatan pasien rumah sakit, insiden keselamatan pasien dan pelaporannya, manajemen risiko klinis di rumah sakit, serta memahami tentang perbaikan terus menerus terhadap mutu dan keselamatan pasien (PDCA).

Usaha peningkatan mutu dan keselamatan pasien di rumah sakit merupakan upaya yang terus menerus dan berkesinambungan. Upaya dapat dilakukan melalui pencegahan timbulnya cedera pasien seperti peningkatan pengetahuan tentang keselamatan pasien sampai belajar dari insiden keselamatan pasien agar tidak terulang kembali.

Ukuran perbaikan dari upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien tentu saja dinilai dari indikator- indikator yang sudah ditetapkan. Terdapat suatu proses kontinyu mulai dari penetapan indikator, pengumpulan data, validasi, analisis dan rekomendasi perbaikan.

Isu yang terkait dengan keselamatan pasien /patient safety saat ini telah menjadi isu yang sangat penting, bahkan menjadi isu global. Berbagai kasus kecelakaan yang terjadi di berbagai institusi kesehatan telah menjadi kasus yang mengkhawatirkan banyak pihak. Kebanyakan kasus telah merambah ke perkara pidana, seperti halnya tuduhan malpraktik yang ditujukan kepada para petugas kesehatan, terutama kepada dokter dan petugas paramedis.

Berbagai kejadian seperti cidera pada pasien saat proses pelayanan medis, angka keterjadiannya telah begitu tinggi. Hal ini terkait dengan kompleksitas jenis dan ragam risiko khususnya yang terjadi di rumah sakit. Selain itu, karakteristik rumah sakit yang berisi 4 jenis faktor risiko yang lengkap (faktor biologi, ergonomic, kimia dan fisika) tidak mudah dikendalikan, apalagi tanpa suatu program pengendalian yang sistematis.

 

Subbag Hukum, Organisasi & Humas

RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang

Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi  133

Fax : 0293 365183

Email : [email protected]

Website : www.rsjsoerojo.co.id

 

Posted in Blog, Event by Administrator RSJS

Leave a Comment