EVAKUASI PASIEN PASUNG DI DESA SIRAHAN OLEH RSJS MAGELANG

November 7, 2019

RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang melalui aplikasi Bagaspati Among Jiwo kembali mengevakuasi pasien pasung di Desa Sirahan, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang pada hari Rabu tanggal 6 November 2019. Pasien hidup sendiri setelah Ayahnya meninggal dunia setahun yang lalu. Pasien yang berinisial A ini sebenarnya memiliki adik tetapi sekarang tinggal di Palembang. Kehidupan pasien selama ini hanya bergantung pada kerabat dan tetangga pasien.

Kondisi pasien pada saat akan dievakuasi tidak memakai pakaian. Pasien memilih untuk meringkuk di area tumpukan sampah dibelakang rumahnya yang tidak terawat.

Evakuasi kali ini dilakukan bersama Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI ke tempat pemasungan yang didampingi dari Dinas Kesehatan Kab. Magelang, Dinas Sosial Sosial Kab. Magelang, Puskesmas Salam, Kelurahan Sirahan, dan TKSK Kab. Magelang.

Pasien yang dalam kondisi kurus dan tidak bisa jalan ini sebelum dievakuasi dilakukan perawatan diri pasien dengan memandikan, merapikan rambutnya yang telah gimbal, memotongi kuku kaki dan tangannya serta memberikan pengobatan lain untuk mengkompensasi kondisi kesehatannya yang buruk. Evakuasi ini berjalan dengan lancar dengan dukungan aplikasi tanggap gawat darurat jiwa dan pasung Bagaspati Among Jiwo dan bersinergi dengan tim TKSK.

Subbag Hukum, Organisasi & Humas

RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang

Telp : (0293) 363601, 363602 ekstensi  133

Fax : (0293) 365183

Email : [email protected]

Website : www.rsjsoerojo.co.id

Posted in Blog, Event by AdminRSJ

Leave a Comment