Bunga Kitolod Untuk Kesehatan

March 13, 2020

Kitolod merupakan salah satu tanaman yang mudah didapatkan, biasanya tumbuh liar ditempat yang lembab seperti di pekarangan rumah, tepi selokan, sawah bahkan dipinggir jalanan. Dalam kehidupan masyarakat khususnya di pedesaan, kitolod dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit sehingga sering digunakan sebagai obat alternatif seperti obat mata, obat sakit gigi. pengganti obat merah (antibiotik luka), dan lain-lain.

  1. Obat Mata

Menurut beberapa peneliti pengobat herbal seperti Burkill (1935), Allen (1943), air yang diperoleh dari bagian tanaman kitolod bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati iritasi mata. Berdasar penelitian dari Siregar (2012) kandungan dari ekstrak daun kitolod adalah Alkaloid, Flavonoid, dan Saponin. Sedangkan kandungan dari bunga kitolod adalah Alkaloid, Flavonoid, Saponin, dan tanin.

Alkaloid adalah zat yang mempunyai kecendrungan menghambat laju pertumbuhan bakteri. Flavonoid berperan sebagai antioksidan dan antibakteri. Saponin adalah zat yang dapat meningkatkan permeabilitas (kemampuan untuk meloloskan sejumlah partikel) membran sehingga terjadi hemolisis (pecah) sel. Dan Tanin adalah antibakteri.

Berdasarkan penelitian tersebut, maka kandungan dari tanaman kitolod yang sering dipakai untuk tetes mata adalah sebagai antibakteri sehingga dapat membersihkan mata dari bakteri. Jadi penggunaan daun maupun bunga kitolod sebagai obat tetes mata untuk membersihkan mata sesuai dengan kandungan yang ada pada tanaman kitolod.

Penggunaannya : Daun dan bunga kitolod dapat digunakan menjadi obat tetes mata dengan cara yang berbeda. Daun dapat dipotong kecil-kecil kemudian direndam kedalam air semalaman, lalu air rendaman daun kitolod dimasukkan ke dalam wadah / tempat tetes mata dan dapat digunakan untuk tetes mata. Sedangkan bunga kitolod dimanfaatkan dengan cara petik bunga kitolod beberapa tangkai, pilihlah bunga yang masih segar, belum layu dan jika bisa baru merekah. Pisahkan bunga dari pangkalnya dengan cara dicabut perlahan. Siapkan satu gelas air bersih dingin atau hangat yang sudah direbus sebelumnya. Kemudian masukan ke dalam gelas dan diamkan beberapa menit (rendam selama 5 – 15 menit).. Teteskan ujung tangkainya pada bagian mata yang sakit. Pada saat penggunaan, mata akan terasa perih dan sepat, setelah rasa perih menghilang, lanjut teteskan, ulangi minimal 3 kali sehari.

Namun perlu diperhatikan, bahwa kandungan getah kitolod sangat berbahaya, maka tidak dianjurkan untuk meneteskan langsung ke mata tanpa proses perendaman.

 

  1. Obat Sakit Gigi

Kitolod juga dipercaya dapat meredakan sakit gigi, caranya ambil 2 lembar daun kitolod dan tumbuk hingga halus. Kemudian letakkan ke dalam gigi yang berlubang.

 

  1. Obat Merah (Antibiotik Luka)

Daun kitolod dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka luar, yaitu bisa digunakan sebagai antibiotik alami untuk luka ringan seperti lecet atau robek. Cara penggunaannya dengan menumbuk daun dan membalurkan pada luka dan area disekitarnya.

 

  1. Obat Radang Tenggorokan

Caranya rebus tiga lembar daun kitolod yang sudah dicuci bersih, lalu campurkan dengan 2 gelas air kemudian diminum dua kali sehari.

 

Masih dibutuhkan banyak penelitian skala besar untuk memastikan keamanan dan manfaat dari kitolod ini. Tidak masalah untuk mencoba pengobatan alternatif tapi jangan lupa untuk tetap konsultasikan kesehatan atau penyakit kepada dokter untuk hasil yang lebih pasti.

 

 

***

disarikan dari berbagai sumber

Posted in Artikel by AdminRSJ

Leave a Comment