Tangani Covid-19, RSJS Magelang Siapkan SDM Terlatih

March 27, 2020

MAGELANG – Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. SOEROJO Magelang siapkan tenaga kesehatan yang terlatih untuk menghadapi covid 19 dengan menyelenggarakan kegiatan In House Training (IHT) Penanganan Covid-19 di rumah sakit pada Rabu – Kamis (25-26/3).

Kegiatan yang diikuti oleh 80 petugas kesehatan ini dilaksanakan di Gedung Aula Diklat RSJS Magelang. Peserta yang terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, perawat dan tenaga kesehatan lainnya yang bertugas dalam menangani Covid-19 diberikan bekal pemahaman  tentang pelaksanaan penanganan covid-19 di rumah sakit.

Pelatihan ini dibagi dalam dua kelompok dengan masing-masing terdiri dari 40 peserta. Kelompok pertama dilaksanakan pada Rabu (25/3) dan kelompok kedua dilaksanakan pada Kamis (26/3).

Selama pelatihan para peserta mendapatkan bekal pengetahuan tentang Pendahuluan Covid-19, alur masuk pasien (ODP, PDP dan Positif Covid-19), Manajemen Covid 19 pada Dewasa, Manajemen Covid pada anak-anak, Asesment Stres menghadapi covid-19 dan keterlibatan CLP, skrining laboratorium covid-19 dan serologi, gambaran radilogi covid-19, manajemen airway dan kagawatan saluran nafas akibat covid-19, tatalaksana total care covid-19, protocol pemasang-lepasan APD, Manajemen PPI dibangsal bagi perawat dan manajemen linen, system keamanan pada petugas kesehatan menghadapi covid-19, dan manajemen pelaporan ODP dan PDP.

Dalam sambutannya direktur RSJS Magelang dr. Eniarti, Sp.KJ.,M.Sc.,MMR mengajak kepada seluruh tenaga kesehatan untuk bersiap dalam menghadapi covid 19 ini.  “Sebagai fasilitas kesehatan milik Kementerian Kesehatan RI, Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. SOEROJO Magelang siap menangani pasien Covid-19” ujarnya.  “ Secara khusus Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. SOEROJO Magelang telah membentuk Satgas Covid-19 dipimpin oleh dr. Harli Amir Mahmudji, Sp.PD-KEMD yang sudah bergerak cepat dalam menyiapkan segala sesuatunya untuk penanganan Covid-19 di rumah sakit” pungkasnya.

Posted in Blog, Event by AdminRSJ

Leave a Comment