214 Petugas Pelayan Publik Kota Magelang Jalani Vaksinasi Covid-19 di RSJS Magelang

February 24, 2021

MAGELANG – Sejumlah petugas pelayan publik Kota Magelang mengikuti vaksinasi covid-19 pada Rabu (24/2) di Ruang Ayodya RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang.

Peserta vaksinasi ini berjumlah 214 orang yang berasal dari  Kemenag Kota Magelang, Kelurahan Kramat utara, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukinan Kota Magelang, Dinas Tenaga Kerja Kota Magelang. Vaksinasi covid-19 ini merupakan tahap II bagi petugas pelayan publik di Kota Magelang setelah tahap pertama dilakukan kepada tenaga kesehatan pada akhir Januarai lalu di beberapa fasilitas kesehatan di Kota Magelang.

Sama halnya dengan vaksinasi covid-19 tahap pertama, vaksinasi covid-19 tahap kedua ini juga dilakukan dengan 2 dosis. Dosis pertama dilakukan pada hari ini Rabu (24/2) sedangkan dosis kedua dilakukan pada 10 Maret 2021 yang akan datang. RSJ Prof. Dr Soerojo Magelang bersama 16 fasilitas kesehatan lainnya di Kota Magelang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kota Magelang untuk melaksanakan vaksinasi covid-19 tahap kedua ini dengan surat nomor 440/0866/220 tentang vaksinasi covid-19 tahap II bagi petugas pelayan publik di Kota Magelang tahun 2021.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, secara bergantian setiap peserta wajib mengikuti alur yang telah ditetapkan. Dimulai dari pemeriksaan suhu tubuh dan mencuci tangan, peserta kemudian melakukan pendaftaran dilanjutkan dengan skrining vital sign seperti pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh, nadi, SPO2, dan respirasi. Dokter pemeriksa juga akan menanyakan tentang riwayat penyakit yang pernah diderita dalam proses skrining ini.

Hasil dari skrining ini dokter pemeriksa akan mengambil kesimpulan dan memberikan rekomendasi apakah peserta dapat divaksin atau ditunda. Setelah peserta mendapat rekomendasi dari dokter untuk divaksin, peserta akan mendapatkan suntikan vaksin covid-19 dengan dosis 0,5 mL pada lengan kiri. Untuk mengetahui reaksi tubuh setelah dilakukan vaksin, setiap peserta dilakukan observasi selama sekitar 30 menit. Jika tubuh tidak mengalami reaksi alergi atau reaksi lainnya maka peserta diperbolehkan meninggalkan Ruang Ayodya.

Seluruh peserta vaksinasi covid-19 akan diberi kartu vaksinasi yang berfungsi sebagai informasi status pemberian vaksinasi sesuai dengan dosis dan jadwalnya. Kartu vaksin ini juga digunakan saat pemberian dosis kedua, sehingga seluruh peserta vaksinasi wajib membawanya saat pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis kedua pada 10 Maret 2021 nanti

 

Posted in Blog, Event by AdminRSJ

Leave a Comment