Waspada, Faktor Penuaan Dini yang Wajib Kamu Ketahui

March 16, 2021

Penuaan adalah salah satu peristiwa alami yang akan dialami oleh seluruh orang. Namun bila penuaan terjadi lebih cepat dan tidak sesuai dengan berjalannya usia, maka kamu harus waspada.

Oleh karena itu kamu harus mengetahui beberapa faktor yang mampu mebuat proses penuaan dini terjadi begitu cepat, sehingga kamu bisa mencegah hal tersebut terjadi.

  1.   Tidak Bisa Mengontrol Emosi

Marah adalah suatu hal yang normal bagi manusia, namun apabila kamu sering marah berlebih dan terus menerus dapat membentuk garis-garis halus dan kerutan yang dapat terbentuk menjadi permanen. Hal ini terjadi ketika kita mengekspresikan emosi marah, sedih, dan cemberut yang terus menerus maka akan membuat memori otot wajah merekamnya dan akan menyebabkan terjadinya kerutan-kerutan di wajah.

Berbeda halnya bila kita selalu bahagia dan tersenyum, maka otot-otot wajah akan menjadi rileks. Sehingga semakin kamu merasa bahagia, maka wajah kamu akan terlihat semakin muda dan bahkan bisa mengurangi risiko terjadinya tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan bahkan nyeri pada tulang dan sendi.

 

2.  Sering Bergadang dan Tidak Cukup Tidur

Bergadang memang adalah hal yang buruk dan dapat mengakibatkan gangguan pada kesehatan. Salah satu dampak yang terjadi akibat sering bergadang adalah terjadinya penuaan dini pada wajah.

Pada dasarnya ketika tubuh kekurangan waktu tidur maka akan menyebabkan terganggunya proses regenerasi dan istirahat kulit, sehingga akan membuat kulit menjadi kendur dan juga membuat lingkaran hitam serta kantung di bawah mata.

Oleh karena itu, cobalah tidur antara 7-8 jam setiap hari dengan waktu yang teratur dan tidak bergadang sehingga kulit bisa melakukan proses regenerasi dan istirahat dengan maksimal.

 

3.   Stres

Tingkat stres yang tinggi dan terus menerus terjadi pada seseorang merupakan suatu faktor yang mampu menyebabkan terjadinya penuaan dini. Hal ini disebabkan karena stress menyebabkan kerutan pada wajah dan bisa memengaruhi banyak hal mulai dari kesehatan hingga tingkat energi yang rendah, sehingga setiap saat beraktivitas akan merasa lemas dan tidak bersemangat.

Untuk itu, cobalah kendalikan tingkat stres kamu seperti berolahraga, melakukan yoga, ataupun melakukan hal yang kamu sukai untuk mengurangi stres yang kamu alami, agar kamu bisa selalu merasa bahagia dan bersemangat dalam menjalani berbagai rutinitas harian kamu.

 

4.   Kelebihan Berat Badan

Akibat tubuh terlalu kurus ataupun memiliki berat badan berlebih akan menyebabkan proses penuaan dini. Akibatnya bila terlalu kurus akan membuat lemak alami yang terdapat pada rangka wajah menjadi kendur dan menyebabkan kerutan-kerutan di wajah. Sementara itu apabila memiliki berat badan yang berlebih akan membuat otot wajah tegang dan mengakibatkan wajah terlihat lebih tua dari seharusnya.

Untuk bisa mengatasi hal ini, cobalah untuk melakukan diet sehat sengan mengonsumsi makanan-makanan alami yang kaya akan antioksidan, serta melakukan olahraga dengan rutin untuk membakar kalori yang ada pada tubuh.

 

5.   Merokok

Merokok memang disebut-sebut memiliki banyak dampak buruk untuk kesehatan. Akibat buruk dari merokok juga akan berdampak pada kesehatan kulit yang bisa mengembangkan garis-garis halus di sekitar mulut, kerutan di dahi, dan menyebabkan buruknya kesehatan gigi.

Seluruh bagian dalam tubuh perokok, termasuk kulit wajah akan mengakibatkan penuaan yang akan terlihat jelas dari waktu ke waktu. Merokok juga akan menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit, sehingga aliran darah ke kulit akan menurun.

 

 

***

Referensi

  1. Stacey Colino. 2017. 6 Surprising Factors That Can Accelerate the Aging of Your Skin. https://health.usnews.com/wellness/aging-well/articles/2017-01-09/6-surprising-factors-that-can-accelerate-the-aging-of-your-skin.
  2. Lisa Drayer. 2020. 5 Lifestyle Factors Causing Premature Aging of Your Skin. https://sheerbalance.com/5-environmental-and-lifestyle-factors-prematurely-aging-skin/.
  3. Vivian Rivera. 2019.  The Seven Most Common Factors in Premature Aging. https://www.afpafitness.com/research-articles/common-premature-aging-factors.
Posted in Artikel by AdminRSJ

Leave a Comment