Waspada! 6 Hal Yang Bisa Merusak Otak

April 16, 2021

Otak merupakan salah satu sistem terpenting yang berada di dalam tubuh manusia, yang terletak di kepala. Otak berfungsi sebagai pusat pengiriman pesan dari semua unit organ tubuh agar bisa saling berinteraksi dan bekerja sama dengan baik. Otak juga berfungsi untuk mengatur berbagai macam pergerakan yang akan dilakukan seseorang dan berfungsi sebagai berkumpulnya jutaan saraf untuk membentuk jaringan sistem di dalam tubuh manusia. Apabila terjadi kerusakan pada otak, tentunya akan berdampak sangat buruk bagi manusia itu sendiri, seperti stroke, lupa ingatan, berkurangnya kecerdasan, bahkan kematian.

Berikut adalah enam hal yang bisa menyebabkan rusaknya otak, yang wajib kamu ketahui agar bisa menjaga kesehatan otak menjadi lebih baik.

 

1. Jarang Berinteraksi

Pada dasarnnya manusia adalah makhluk sosial, yang berarti untuk menjalani hidup pastinya setiap orang akan berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesama, baik itu dengan keluarga, teman, maupun sahabat. Namun, apabila kamu kurang berinteraksi dengan sesama, hal ini akan memicu rendahnya rangsangan otak untuk mengolah kalimat dalam otak menjadi sebuah perkataan. Ketika rangsangan stimulus pada otak berkurang tentunya akan berdampak buruk bagi kekuatan otak untuk mengelola informasi didalamnya dan menjadi tidak sehat bagi tubuh. Tentunya, dengan sering berinteraksi dengan sesama, akan memberikan rangsangan yang kuat bagi otak untuk tetap terus aktif sehingga daya ingat dan pola pikir otak akan semakin menjadi baik.

 

2. Kurangnya Waktu Tidur

Normalnya waktu tidur orang untuk setiap orang yaitu sekitar 7-8 jam setiap hari. Apabila waktu tidur kurang maka akan menyebabkan otak menjadi tidak sehat yang menyebabkan tubuh menjadi lemas dan bahkan mempengaruhi mood yang buruk. Akibat lainnya apabila kurangnya tidur bisa melemahkan daya ingat seseorang.

 

3. Mengonsumsi Alkohol dan Rokok

Sudah banyak penelitian meneliti tentang bahayanya merokok dan mengonsumsi alkohol yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh. Pasalnya, apabila kamu sering mengonsumsi alkohol maka akan mengakibatkan kerusakan pada area otak yang akan menyebabkan gangguan dan lemahnya ingatan. Terlebih lagi apabila kamu juga merokok dalam jangka waktu yang lama, maka akan menimbulkan kecanduan dan bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi penyakit seperti kanker paru-paru dan tenggorokan. Kecanduan terhadap rokok ini disebabkan karena, rokok memiliki kandungan nikotin yang akan dialirkan ke otak, kemudian reseptor dalam otak akan mengeluarkan zat dopamin yang menimbulkan rasa nyaman hingga menyebabkan terjadinya kecanduan pada rokok.

 

4. Bekerja Saat Sakit

Pada dasarnya ketika kamu sedang sakit, tubuh membutuhkan banyak energi untuk bisa memulihkan bagian tubuh yang sakit agar bisa kembali sehat. Namun, ketika kamu sedang sakit tetapi tetap melakukan pekerjaan hingga aktifitas yang memberatkan kerja otak, maka akan mengakibatkan tubuh terbebani dan akhirnya terpaksa untuk bergerak. Hasilnya, energi yang seharusnya tersimpan untuk memulihkan bagian tubuh yang sedang sakit pun terganggu. Hal ini akan semakin membuat kesehatan tubuh memburuk dan membuat sistem kekebalan tubuh melemah, dan kamu bisa semakin lama untuk segera pulih dari sakit yang sedang dialami.

 

5. Sering Stres

Akibat terlalu seringnya stress, maka akan menyebabkan terhambatnya pengiriman sinyal pada otak yang mengakibatkan terhambatnya proses kerja pengiriman sinyal dari otak ke seluruh unit tubuh. Hasilnya kamu akan mengalami depresi hingga gangguan kejiwaan. Cobalah untuk menenangkan pikiran sejenak dengan melakukan kegiatan yang bisa membuat kamu senang dan tentunya kamu harus selalu berpikir positif untuk membuat kesehatan otak dan jiwa terjaga.

 

6. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

Makanan manis tentunya memang sangat lezat dan menggoda siapapun yang melihatnya untuk bisa merasakan kelezatan makanan manis tersebut. Namun apabila kamu mengonsumsi makanan manis berlebihan maka akan membuat tingginya kadar glukosa dalam darah dan dapat menghambat aliran darah pada otak, hasilnya akan membuat penurunan fungsi kognitif pada otak dan membuat memori ingatan di otak akan terganggu. Hasil buruk lainnya yaitu bisa menyebabkan penyakit diabetes yang bisa menyebabkan berbagai penyakit komplikasi lainnya pada tubuh.

 

***

Referensi

  1. Arif Putra. 2020. 10 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebab Kerusakan Otak Terjadi. https://www.sehatq.com/artikel/otak-rusak-dapat-terjadi-karena-kebiasaan-sederhana-namun-berbahaya
  2. European Society of Cardiology. 2021. Stressed Brain Linked to Broken Heart. https://www.sciencedaily.com/releases/2021/03/210325213006.htm
  3. Fadhila Afifah. 2018. Inilah yang Terjadi Pada Otak Bila Mengonsumsi Terlalu Banyak Gula. https://nakita.grid.id/read/021251013/inilah-yang-terjadi-pada-otak-bila-mengonsumsi-terlalu-banyak-gula?page=all
Posted in Artikel by AdminRSJ

Leave a Comment