Tak Kebal Covid-19, ODGJ Juga Divaksin

June 7, 2021

MAGELANG – Setelah selesai melakukan vaksinasi covid-19 untuk tenaga kesehatan, lansia dan petugas pelayan publik, kini RSJ Prof Dr Soerojo magelang memberikan vaksinasi Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ yang telah terdata sebagai penerima vaksin covid-19.

Pada Senin, (24/5) Petugas Kesehatan RSJ Prof Dr Soerojo Magelang mendatangi rumah ODGJ satu persatu didampingi oleh petugas puskesmas dan kelurahan setempat. Pada pelaksanaan pertama dinas kesehatan kota magelang mentargetkan 50 ODGJ tervaksin untuk wilayah kecamatan magelang utara dan akan dilanjutkan kembali untuk tahap berikutnya hingga semua ODGJ di Kota Magelang tervaksin secara keseluruhan.

Pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk ODGJ ini berbeda dengan vaksinasi yang dilakukan kepada tenaga kesehatan, petugas pelayan publik serta lansia beberapa waktu lalu. Vaksinasi yang biasanya dilakukan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, kali ini vaksinasi dilakukan secara door to door ke rumah ODGJ. Meskipun dilakukan di rumah ODGJ, proses vaksinasi ini tetap dilakukan dengan alur yang telah ditetapkan.

Sebelum dilakukan, petugas melakukan pemeriksaan dan pemeriksaan kesehatan serta meminta persetujuan dari keluarga ODGJ. Setelah dokter melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ODGJ, maka dokter pemeriksa akan memberikan rekomendasi apakah ODGJ layak untuk diberikan vaksin atau tidak. Jika ODGJ layak dilakukan untuk vaksinasi maka 1 dosis vaksin covid -19 diberikan kepada ODGJ dan dilakukan observasi setelahnya, untuk mengetahui apakah efek atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi  .

Bagi ODGJ yang dinyatakan belum layak diberikan vaksin covid -19 maka dengan persetujuan dari keluarga ODGJ, petugas puskesmas akan memberikan ODGJ untuk diperiksa lebih lanjut ke RSJ Prof Dr Soerojo Magelang baik pemeriksaan fisik maupun mentalnya.

Semoga Vaksinasi Covid-19 untuk ODGJ ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga kekebalan tubuh secara alami atau kekebalan kelompok dapat tercapai.

Posted in Blog, Pelatihan by AdminRSJ

Leave a Comment