“Soerojo Saomah”, Vaksinasi Covid-19 Drive Thru Pertama di Magelang

6 August 4, 2021

MAGELANG – Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, Sp.PD membuka acara vaksinasi covid-19 drive thru “Soerojo Saomah” pada Rabu, (4/8) di RSJ Prof Dr Soerojo Magelang.

Untuk kesekian kalinya RSJS Magelang menggelar vaksinasi covid-19 untuk masyarakat umum yang berusia 12 tahun ke atas. Berbeda dengan vaksinasi yang diselenggarakan sebelumnya, kali ini RSJS Magelang menggelar vaksinasi covid-19 dengan sedikit berbeda. Vaksinasi yang bertajuk “Soerojo Saomah” ini merupakan vaksinasi covid-19 yang dilaksanakan dengan mekanisme drive thru. Peserta dapat langsung mendapatkan vaksin di atas kendaraannya tanpa harus turun dari kendaraan. Vaksinasi ini akan berlangsung selama 5 hari yaitu tanggal 4,5,6,12,13 Agustus 2021.

Dalam sambutannya, Wali Kota Magelang mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi covid-19 drive thru yang dilakukan RSJS Magelang kali ini. “Vaksinasi covid-19 yang dilakukan Rumah Sakit Jiwa Magelang hari ini merupakan vaksinasi drive thru pertama di Magelang, ini harus kita apresiasi dan dijadikan contoh”, ungkapnya. Ia juga berharap, semoga vaksinasi covid-19 ini dapat segera menjangkau seluruh masyarakat. “Vaksinasi covid-19 yang dilakukan di Kota Magelang saat ini sudah mencapai 60% dari total warga dan semoga dengan vaksinasi covid-19 yang dilakukan oleh Rumah Sakit Jiwa Magelang ini mempercepat tercapainya herd immunity pada warga Magelang”, pungkasnya.

Konsep vaksinasi covid-19 “Soerojo Saomah” ini bertujuan untuk memastikan seluruh anggota keluarga mendapatkan vaksin covid-19. Banyaknya klaster keluarga yang muncul akhir-akhir ini membuat RSJS Magelang menciptakan konsep vaksinasi covid-19 “Soerojo Saomah” untuk mencegah penularan virus covid-19 di antara anggota keluarga. Vaksinasi covid-19 “Soerojo Saomah” ini diikuti oleh semua keluarga civitas hospitalia RSJS Magelang dan masyarakat sekitar yang telah mendaftar secara online.

Direktur Utama RSJS Magelang dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG(K).,M.Kes.,MPH menjelaskan dihadapan awak media bahwa vaksinasi covid-19 harus melindungi seluruh keluarga. “Kasus penularan covid-19 sekarang ini banyak berasal dari keluarga, untuk itulah vaksinasi “Soerojo Saomah” diharapkan dapat memfasilitasi satu keluarga dalam mendapatkan vaksin covid-19”, lanjutnya.

Melihat efektifitas dan protokol kesehatan yang baik saat pelaksanaan vaksinasi “Soerojo Saomah” ini, bukan tidak mungkin konsep drive thru ini akan dilakukan kembali pada vaksinasi covid-19 berikutnya. Pada vaksinasi covid-19 “Soerojo Saomah” dosis pertama ini RSJS Magelang mengalokasikan 1250 dosis yang terbagi dalam 5 hari pelaksanaan.

Pelaksanaan vaksinasi covid-19 secara drive thru ini dilaksanakan tidak jauh berbeda dengan vaksinasi covid-19 sebelumnya. Peserta vaksin datang ke lokasi vaksinasi sesuai dengan petunjuk yang telah disediakan. Disana petugas akan mendatangi kendaraan peserta dan melakukan pengukuran tanda vital dan skrining sebelum akhirnya vaksinator menyuntikkan vaksin covid-19 kepada peserta. Setelah mendapat vaksin covid-19 para peserta diarahkan ke tempat observasi yang berada di lingkungan Shelter Workshop Rehabilitan RSJS Magelang. Sembari menjalani observasi peserta vaksin dapat melihat hasil pertanian dan produk-produk karya para rehabilitan. Tak sedikit peserta vaksinasi yang turun dari kendaraannya dan membeli sayuran, souvenir, maupun makanan hasil olahan para rehabilitan untuk dijadikan buah tangan sebelum pulang kerumah.

Subbag Hukum, Organisasi & Humas

RSJ Prof.Dr.Soerojo Magelang

Telp : 0293 363601, 363602 ekstensi 133

Fax : 0293 365183

Email : [email protected]

Website : www.rsjsoerojo.co.id

Posted in Blog, Event by AdminRSJ
Comments (6)
Nurul2021 August 4Reply
Alhamdulillah.....RSJ prof.dr. Soerojo memang oke...mitra terpercaya menuju sehat..salam MAHATI>>Mandiri,,,Bahagia,,,Immunitas tinggi
AdminRSJ2021 August 26Reply
Halo Sobat Soerojoku, terima kasih atas kepercayaannya ^^
Djoko Lukito2021 August 15Reply
Apakah untuk ikut vaksin dengan ktp dki bisa ?
AdminRSJ2021 August 26Reply
Halo Sobat Soerojoku, kami akan membuka program vaksinasi untuk umum pada 30 Agustus 2021 ya.. untuk informasi lebih lengkap silahkan mengunjungi media sosial kami
hana2021 August 26Reply
minta info nya kak link pendaftran drive thru yang tanggal 30 agutus besok..
AdminRSJ2021 August 27Reply
Halo Sobat Soerojoku,untuk informasi lebih lengkapnya silahkan kunjungi media sosial kami ya : https://www.instagram.com/p/CSa6LWYFUPA/?utm_medium=copy_link

Leave a Comment