6 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

August 13, 2021

Siapa nih yang suka traveling menjelajahi berbagai tempat untuk menghabiskan waktu libur? Pastinya saat hendak mengunjungi tempat-tempat tersebut kamu harus melakukan perjalanan menggunakan kendaraan dikarenakan jarak yang jauh. Proses perjalanan tersebut pastinya juga menjadi salah satu momen yang indah untuk diingat karena memiliki banyak momen spesial yang terjadi, terlebih lagi apabila perjalanan dilakukan bersama keluarga tercinta.

Namun momen-momen indah dalam perjalanan tersebut bisa seketika hilang dikarenakan kamu mengalami mabuk perjalanan, dimana rasa mual dan pusing terjadi seketika yang membuat momen indah perjalanan traveling kamu menjadi terganggu.

Nah, berikut ini adalah deretan tips untuk mencegah mabuk perjalanan yang bisa kamu baca agar momen perjalanan traveling kamu semakin menyenangkan tanpa adanya gangguan dan hambatan yang menghambat momen-momen indah tersebut terganggu.

1. Istirahat yang cukup sebelum bepergian

Apabila kamu sudah berencana untuk memulai perjalanan traveling keesokan harinya, pastikan di hari sebelumnya kamu sudah beristirahat dengan cukup agar tubuh memiliki energi maksimal untuk memulai perjalanan. Apabila waktu istirahat kamu kurang maka hal tersebut akan berpotensi besar menyebabkan pusing dan rasa mual ketika sedang diperjalanan.

2. Pastikan perut sudah terisi

Ketika kamu mengalami kelaparan saat sedang dalam perjalanan jauh, hal tersebut bisa membuat tubuh menjadi tidak fit sehingga bisa menimbulkan mual dan pusing yang berakibat mabuk saat perjalanan. Agar tubuh tetap fit dan segar ketika kamu melakukan perjalanan yang jauh, maka kamu wajib untuk mengisi perut dengan mengonsumsi makan-makanan yang bergizi agar ketika sedang diperjalanan kamu tidak mengalami kelaparan. Namun, tidak lupa pastikan juga kamu tetap terhidrasi dengan cukup dengan mengonsumsi air mineral ya.

3. Menyediakan makanan ringan

Meskipun dinamakan makanan ringan atau biasa disebut snack, ternyata makanan tersebut memiliki dampak yang cukup besar untuk meminimalisir terjadinya rasa pusing dan mual saat di perjalanan lho. Jadi, pastikan untuk selalu menyediakan makanan ringan untuk dibawa menjadi teman saat di perjalanan ya. Kamu bisa membawa snack seperti keripik, makanan manis, buah-buahan ataupun permen dengan rasa mint untuk mencegah dan mengurangi perasaan mual.

4. Menyediakan minyak angin

Alat aromaterapi atau biasa kita kenal dengan minyak angin, ternyata merupakan senjata utama ketika kamu hendak memulai perjalanan jauh menggunakan kendaraan lho. Hal ini disebabkan karena aroma yang dihasilkan minyak angin mampu menjaga tubuh tetap segar dan hangat untuk mencegah masuk angin kedalam tubuh. Untuk penggunannya kamu bisa menghirup aroma dari minyak angin tersebut maupun mengoleskannya ke perut, leher, kaki, dan punggung agar tubuh tetap hangat dan mengurangi rasa pusing dan mual yang terjadi.

5. Memilih posisi duduk yang pas

Memilih posisi duduk yang pas adalah salah satu langkah mudah yang bisa kamu terapkan ketika kamu ingin memulai perjalanan jauh menggunakan kendaraan mobil dan sejenisnya. Cobalah untuk memilih posisi duduk yang tidak terlalu banyak terkena guncangan dengan duduk di bagian tengah kendaraan. Apabila kamu menggunakan kendaraan umum seperti kereta, maka pilihlah posisi duduk yang menghadap ke depan jalan agar kemungkinan terjadinya rasa mual ingin muntah dan pusing bisa terminimalisir dengan baik.

6. Kurangi menggunakan gadget selama diperjalanan

Agar munculnya perasaan rasa mual ingin muntah dan pusing saat diperjalanan bisa terminimalisir, langkah terakhir yang harus kamu coba adalah dengan mengurangi penggunaan ponsel atau gadget selama sedang berada dikendaraan. Coba lah untuk mencari hiburan lain, semisal bercengkrama dengan keluarga atau mendengarkan musik favorit kamu.

Posted in Artikel by AdminRSJ

Leave a Comment