Manfaat Konsumsi Keju Bagi Tubuh

August 20, 2021

Keju merupakan salah satu makanan hasil olahan dari susu yang digemari oleh semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Keju memiliki cita rasa yang gurih sehingga kerap dijumpai pada berbagai jenis makanan contohnya pizza, roti, pasta, keripik dan makanan lainnya. Banyak orang yang beranggapan bahwa keju dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan karena tinggi lemak, padahal sebenarnya keju memiliki bakteri baik yang dapat melawan kolesterol jahat.

Ada berbagai jenis keju yang dapat dikonsumsi dan memiliki rasa yang enak seperti keju cheddar mozzarella, dan brie. Keju tersebut memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, fosfor, seng, vitamin A dan B12, dan mineral yang cukup tinggi. Selain itu keju juga memiliki manfaat lain yang bagus untuk kesehatan tubuh yaitu:

1. Menjaga kesehatan gigi

Manfaat mengonsumsi keju bagi tubuh adalah dapat menyehatkan gigi. Hal ini dikarenakan keju memiliki kandungan yang bersifat antikariogenik yang fungsinya dapat mencegah terjadinya gigi berlubang serta melindungi gigi dari kerusakan.

2. Menguatkan tulang

Selain menjaga kesehatan gigi, keju juga bermanfaat untuk menguatkan tulang karena didalamnya terkandung kalsium dan vitamin B yang sangat tinggi. Oleh karena itu, keju sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa agar kesehatan tulang terjaga sehingga terhindar dari osteoporosis.

3. Mencegah kanker

Manfaat keju yang lainnya adalah dapat mencegah kanker karena didalamnya memiliki asam linoleat terkonjugasi dan sphingolipid yang berfungsi penting dalam pencegahan kanker. Selain itu kandungan vitamin B yang terkandung didalam keju juga berfungsi menjaga fungsi tubuh agar terhindar dari penyakit.

4. Menyeimbangkan kadar insulin

Bagi penderita diabetes tipe 2, keju dapat dijadikan pilihan sebagai camilan sehat yang baik untuk dikomsumsi karena didalam keju terdapat senyawa trans palmitoleic acid yang dapat membantu proses pembentukan hormon insulin.

5. Kesehatan otak

Seiring bertambahnya usia fungsi otak seseorang bisa menurun bila tak menjaga pola makan. Oleh karena itu kamu bisa memasukkan keju ke dalam daftar makanan sehat kamu. Selain memiliki kalsium dan vitamin B, keju juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, sehingga makanan ini sangat baik dikomsumsi untuk menjaga kesehatan otak.

6. Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Ibu hamil dan menyusui sangat membutuhkan kalsium yang tinggi selama proses kehamilan. Kamu bisa memilih keju sebagai camilan sehat yang sangat baik untuk dikomsumsi karena kandungan kalsium yang ada pada keju dapat membantu merangsang kontraksi menjelang persalinan dan menghasilkan ASI yang kaya nutrisi. Namun yang harus diperhatikan dalam mengomsumsi keju adalah pastikan keju yang akan disantap adalah keju yang sudah melewati proses pasteurisasi agar tidak membahayakan ibu dan janinnya.

 
Posted in Artikel by AdminRSJ

Leave a Comment