Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Tubuh

August 27, 2021

Olahraga merupakan salah satu gaya hidup sehat yang dilakukan oleh semua orang agar kondisi tubuh menjadi sehat dan bugar. Ada banyak macam pilihan olahraga sesuai selera mulai bersepeda, jogging hingga berenang. Salah satu olahraga yang digemari oleh keluarga adalah berenang. Berenang merupakan olahraga yang memiliki resiko cedera paling kecil sehingga bisa dilakukan oleh semua usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Ketika berenang, kamu akan membutuhkan tenaga yang lebih kuat karena harus bergerak didalam air. Karena aktivitas ini maka melatih semua otot utama dari bahu, punggung, panggul, bokong hingga kaki.

Ada banyak sekali manfaat yang didapat dari olahraga ini. Bagi kamu yang memiliki hobi berenang maka akan mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya dapat meningkatkan stamina, ketahanan sistem pernapasan, kardiovaskuler serta peningkatan masa otot. Tidak hanya itu, berikut ini ada manfaat lain dari berenang yang baik untuk kesehatan yaitu:

1. Membakar kalori

Manfaat berenang yang pertama adalah membakar kalori. Misal bagi kamu yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, olahraga ini dianggap efisien untuk membakar kalori. Seseorang yang memiliki berat badan 70kg dapat membakar 423 kalori setelah berenang, misal dengan kecepatan yang lebih tinggi berenang dapat membakar hingga 715 kalori perjam. Namun sebelum melakukan olahraga ini disarankan untuk tetap makan terlebih dahulu sebelum berenang.

2. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang

Manfaat berenang yang kedua adalah dapat meningkat kekuatan otot dan tulang. Bagi pekerja yang setiap harinya kebanyakan duduk dikantor, berenang dapat dijadikan alternatif olahraga yang bisa kamu pilih. Dengan berenang seluruh ototmu akan bergerak dan terbentuk sempurna sehingga semakin kuat. Membiasakan berenang juga sangat bagus untuk masa pertumbuhan dan dapat membantu meningkatkan tinggi badan.

3. Baik untuk kesehatan paru-paru

Manfaat berenang yang ketiga adalah baik untuk kesehatan paru-paru. Dengan berenang bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dan daya tahan napas. Selain itu berenang juga bisa meningkatkan kemampuan menahan napas. Melatih napas saat berenang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan membuat kendali sehingga napas menjadi lebih baik.

4. Membantu mengatasi stres

Manfaat berenang yang keempat adalah, dapat membuat tubuh rileks dan terhindar dari stres. Berenang merupakan olahraga yang sangat menyenangkan, karena dengan berenang dapat menjadikan tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu olahraga ini juga bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat berenang yang keempat adalah baik untuk kesehatan jantung. Ketika berenang jantung akan memompa darah dan mengirimkannya ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi menjadi lancar. Seseorang yang melakukan aktifitas renang dengan rutin selama 12 minggu akan memiliki peningkatan jumlah darah yang dipompa dengan volume sebesar 18%.

Posted in Artikel by AdminRSJ

Leave a Comment