Tips Mengatasi Sulit Tidur atau Insomnia Pada Malam Hari

September 20, 2021

Insomnia merupakan suatu hal yang terjadi ketika kamu mengalami sulitnya tidur pada saat malam hari. Sebenarnya tubuh kamu sangat lelah dan ingin untuk tidur, namun rasanya sangat sulit untuk memejamkan mata hingga akhirnya dapat tertidur. Hal ini bisa terjadi oleh banyak sebab, seperti misalnya ternyata kamu sedang mengalami depresi atau stres karena banyaknya pikiran yang sedang kamu pikirkan pada hari itu.

Ketika banyaknya pikiran yang sedang kamu pikirkan, akan membuat otak terus bekerja dan menstimulus syaraf-syaraf untuk tetap aktif terjaga. Adapun sebab lainnya yaitu karena kamu mengonsumsi minuman berkafein tinggi seperti kopi yang menyebabkan munculnya efek insomnia pada malam hari. Selain kedua sebab tersebut, makan pada malam hari, tidur siang terlalu lama, menatap layar ponsel ataupun tv, dan kebiasaan buruk bergadang pada malam hari yang menyebabkan tubuh mengingatnya dan mengubah pola sirkadian dalam tubuh untuk tetap terjaga saat malam hari.

Mengalami insomnia benar-benar merupakan suatu kejadian yang membuat jengkel banyak orang, hal ini memang sangat benar adanya karena ketika kamu mengalami insomnia maka tubuh kamu akan lelah di pagi harinya, mood kamu akan hancur yang menyebabkan kamu bisa menjadi sangat sensitif dan pemarah, ataupun kamu tidak bisa berkonsentrasi dengan baik saat di sekolah ataupun di tempat kerja.

Namun bila kamu saat ini mengalami insomnia, berikut adalah beberapa cara yang harus kamu lakukan, untuk membuat pikiran tenang sehingga kamu bisa cepat tertidur:

1. Konsumsi Susu

Cobalah untuk mengonsumsi segelas susu hangat untuk membantu menenangkan pikiranmu serta membantu membuat mata terpejam lebih cepat. Hal ini terjadi karena di dalam susu terdapat kandungan asam amino serta tryptophan yang membantu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh untuk memaksa meningkatkan rasa kantuk sehingga kamu bisa cepat tertidur.

2. Mendengarkan Musik

Cara lainnya yang bisa kamu coba yaitu dengan mendengarkan musik yang tenang untuk membuat pikiranmu mampu terlepas dari beban sementara waktu. Kamu bisa mencari dan mendengarkan musik pengantar tidur yang rileks dan tenang di YouTube. Banyaknya variasi pilihan musik relaks yang berhasil kamu temukan bisa kamu coba sambil memejamkan mata dan biarkan pikiran setenang mungkin agar rasa kantuk bisa cepat muncul.

3. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan cara yang juga tepat untuk mengatasi insomnia di malam hari. Namun kamu perlu melakukannya 1-2 jam sebelum tidur agar bisa mendapatkan dampaknya. Hal ini dapat terjadi karena mandi air hangat mampu membuat tubuh menjadi rileks yang disebabkan karena suhu tubuh yang rendah, dampaknya kualitas tidur pun akan menjadi tinggi dan bisa mem buat kamu merasa kantuk dan cepat tertidur.

4. Membaca Buku

Cara ini mungkin terdengar aneh, namun dengan membaca buku saat mengalami insomnia bisa kamu coba terapkan. Dengan membaca buku, mampu membuat mata dan pikiranmu menjadi lelah dan berat, akibatnya kamu bisa tertidur dengan cepat dan masalah insomnia pun bisa teratasi dengan baik.

5. Mengatur Kondisi Kamar

Cara ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi insomnia, cobalah untuk mem buat kamarmu menjadi senyaman mungkin untuk beristirahat dan juga cobalah untuk tidur dalam keadaan gelap tanpa cahaya. Hal ini dapat menstimulus tubuh untuk bisa cepat tertidur karena perasaan yang rileks dan nyaman.

6. Menenangkan Pikiran

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk segera tidur dan melawan insomnia adalah dengan mengatur apa yang kamu pikirkan. Mungkin kamu mengalami banyak masalah pada hari itu, kamu takut dengan apa yang akan terjadi pada esok hari, kamu merasa bingung dengan apa yang akan kamu lakukan. Namun cobalah untuk melupakan perasaan dan pikiran itu sejenak, cobalah kosongkan pikiranmu sejenak dan tenangkanlah dirimu. Katakan pada dirimu bahwa semua akan baik-baik saja. Dengan begitu kamu bisa segera cepat tertidur dengan pikiran yang lebih tenang.

Posted in Artikel by AdminRSJ

Leave a Comment